Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran 2023, PLN Siapkan SPKLU Tambahan di Jalan Tol Fungsional

PLN akan menambah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di ruas jalan tol fungsional pada periode mudik Lebaran 2023.
SPKLU PLN. /Kementerian BUMN
SPKLU PLN. /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) akan menambah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di ruas jalan tol fungsional pada periode mudik Lebaran 2023.

EVP Operasi Sistem Ketenagalistrikan PLN Dispriansyah mengatakan, PLN akan menambah SPKLU modular untuk memudahkan pengguna jalan yang menggunakan kendaraan listrik saat mudik Lebaran. 

"Nanti kan ada beberapa jalan tol fungsional, akan siapkan SPKLU mobile, misalkan Palembang-Prabumulih itu akan kami siapkan mobile SPKLU ini," ujarnya dalam konferensi pers yang digelar Senin (10/4/2023).

Adapun, PLN telah menyiapkan 617 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia, baik yang ada di jalur non-tol dan di jalan tol. Dia menuturkan, pengguna jalan tol dapat menggunakan alternatif SPKLU yang tersedia di luar jalan tol.

"Kalau misalnya di dalam tol tidak masuk lagi, bisa keluar ke exit tol terdekat pasti ada SPKLU," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Agus Setiawan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan SPKLU di sejumlah rest area.

Jasa Marga telah menambah fasilitas stasiun SPKLU di Jalan Tol Trans Jawa pada periode mudik Lebaran 2023. Jasa Marga menambah sebanyak 4 unit SPKLU di beberapa ruas tol.

"SPKLU ini di rest area kami upayakan dilakukan penambahan. Saat ini, SPKLU di rest area jalan tol sudah ada 15 kami operasikan," ungkapnya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan SPKLU yang lebih banyak pada tahun ini dibandingkan dengan mudik Lebaran sebelumnya.

Kepala BPJT Danang Parikesit, mengatakan penyediaan SPKLU yang lebih banyak tahun ini dilakukan guna mendukung pengguna jalan tol yang menggunakan kendaraan listrik saat arus mudik Lebaran tahun ini yang diprediksi lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Kita tahun ini ada 16 SPKLU di Trans Jawa dan Trans Sumatra, jadi ini meningkat dari tahun lalu 3-4," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper