Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Rentetan Kebakaran Aset Pertamina, Terbaru Kilang Dumai Meledak

Sepanjang 2 tahun terakhir, terdapat sekitar tujuh kejadian kebakaran di aset milik Pertamina. Terbaru insiden terjadi di Depo Plumpang dan Kilang Dumai.
Kilang minyak Dumai Pertamina/Dok.Pertamina.
Kilang minyak Dumai Pertamina/Dok.Pertamina.

Bisnis.com, JAKARTA - Insiden kebakaran kembali terjadi di fasilitas kilang minyak Pertamina. Terbaru, kebakaran terjadi di Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai, Provinsi Riau pada Sabtu (1/4/2023) malam sekitar pukul 22.40 WIB.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) Dumai menyatakan tim keadaan darurat telah berhasil mengatasi kebakaran di area gas compressor di KPI RU Dumai tersebut.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR KPI RU Dumai Agustiawan mengatakan, korban yang terluka akibat ledakan telah dilarikan ke rumah sakit. Situasi juga telah dapat dikendalikan sekitar pukul 22.54 WIB pascaledakan.

Meski begitu, dia menuturkan penyebab kejadian masih belum diketahui. Dalam insiden ini, terdapat 9 orang yang terdampak di ruang operator dan telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik.

"Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil," ungkapnya Minggu (2/4/2023) dini hari.

Insiden kebakaran fasilitas kilang Pertamina ini bukanlah yang pertama kali. Bila dilihat sepanjang 2 tahun terakhir atau sejak 2021, terdapat kurang lebih enam kejadian kebakaran.

Berikut rentetan insiden kebakaran fasilitas minyak Pertamina dalam 2 tahun terakhir:

1. Depo Pertamina Plumpang

Masih segar diingatan kejadian kebakaran hebat yang terjadi di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang atau Depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3/2023) malam. 

Kebakaran di Depo Pertamina, Plumpang tepatnya terjadi di Jalan Tanah Merah Bawah RT012/RW09, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. 

Akibat insiden tersebut, ratusan warga mengungsi dan puluhan orang dilaporkan meninggal dunia. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat korban meninggal dunia akibat kebaran Depo Pertamina Plumpang bertambah menjadi 33 per Jumat (24/3/2023).

Adapun, insiden dilaporkan terjadi pada pukul 20.11 WIB dengan objek yang terbakar adalah pipa inlet yang terhubung dengan tangki bahan bakar.

Banyaknya masyarakat yang menjadi korban disebabkan tidak adanya jarak aman antara TBBM Pertamina dengan hunian warga. Bahkan, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, rumah-rumah warga sekitar benar-benar menempel dengan dinding pembatas TBBM Plumpang.

Ternyata, peristiwa kebakaran ini bukanlah yang pertama kali. Depo Pertamina Plumpang pernah mengalami insiden serupa pada 18 Januari 2009, sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu, kebakaran diduga akibat percikan api yang muncul dari gesekan alat pengambil sampel BBM dan slot ukur.

2. Kilang Minyak Balikpapan

Kilang minyak milik Pertamina yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, pernah terbakar pada 15 Mei 2022. Akibatnya, satu orang pekerja tewas dan lima lainnya dilarikan ke rumah sakit dalam insiden itu.

Kebakaran terjadi di Plant 5 Kilang Pertamina Balikpapan pada pukul 11.31 WITA. Kebakaran dipastikan tak mengganggu suplai BBM ke masyarakat.

Namun, tercatat ada dua kali peristiwa kebakaran melanda kilang minyak tersebut. Insiden pertama terjadi pada Jumat, 4 Maret 2022, berikutnya pada 15 Mei pada tahun yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper