Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEK Lido Milik MNC Group Diresmikan, Donald Trump Sempat Kepincut

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump itu berencana mengoperasikan vila, resor mewah, dan lapangan golf di KEK Lido milik MNC Group.
PT MNC Land Tbk. (KPIG) melakukan ground breaking kawasan Lido World Garden pada Rabu (8/9/2021). -MNC Land
PT MNC Land Tbk. (KPIG) melakukan ground breaking kawasan Lido World Garden pada Rabu (8/9/2021). -MNC Land

Bisnis.com, JAKARTA - Peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido milik taipan Indonesia, Harry Tanoesoedibjo telah dilakukan hari ini, Jumat (31/3/2023). Sebelumnya, The Trump Organization disebut akan ikut berinvestasi dalam pengembangannya. 

Dikutip dari Reuters, perusahaan milik keluarga mantan Presiden AS Donald Trump itu berencana mengoperasikan vila, resor mewah, dan lapangan golf. Dalam hal ini, Trump Organization bermitra dengan PT MNC Land Tbk. untuk mengembangkan proyek tersebut. 

Lido City merupakan proyek yang dikembangkan untuk destinasi wisata dengan berbagai daya tarik, mulai dari theme park kelas dunia, golf course, studio film, music & arts center, hingga retail and dining

Dalam kunjungan tahun 2019 ke Indonesia, putra Donald Trump, Donald Trump Jr mengatakan proyek tersebut telah ditandatangani oleh manajemen Trump Organization sebelum sang Ayah menjadi presiden. 

Mantan Presiden AS itu mempertahankan kepemilikan kerajaan bisnis globalnya dengan menyerahkan kendali kepada dua putra sulungnya melalui sebuah perwalian saat menjabat. Proyek ini disebut dapat memberikan manfaat keringanan pajak, namun MNC belum mengungkapkan skema bagi hasil atas pengelolaan properti tersebut. 

Sementara itu, dilansir Forbes pada September 2020, MNC Land menggembar-gemborkan kemitraannya dengan Trump di media sosial. Keluarga Trump disebut akan mengembangkan Trump International Golf Club Lido dengan pemandangan gunung.

Lapangan golf tersebut berstandar PGA 18 lubang yang dirancang oleh Ernie Els dan menawarkan pengalaman menarik untuk dinikmati semua anggota. Kala itu, situs web Lido City masih menyoroti 120-Trump International Resort, Klub Golf Trump yang dirancang oleh Ernie Els dan Trump Residences Lido. 

Perusahaan Trump juga disebut akan membangun kawasan hunian sebanyak 281 unit hunian mewah dan 180 kondominium yang menawarkan layanan eksklusif 24/7 kepada penduduk dan hak istimewa kelas dunia seperti Keanggotaan Trump Golf & Country Club.

Namun, pada Februari 2021, terjadi perubahan penting dalam materi promosi yang melepas nama Trump secara umum dan mengubahnya sebagai "Resor Internasional Mewah, Klub Golf & Residences Lido". 

Tak heran, tahun 2020 dan 2021 merupakan tahun yang berat bagi mantan Presiden Trump. Di atas dua pemakzulan, pandemi dan kalah dalam pemilihan presiden, kekayaan bersihnya turun sekitar US$600 juta dalam 12 bulan sebelum September 2020. Belum diketahui apakah Trump akan tetap melanjutkan investasinya dalam proyek Lido City.

Sebagai informasi, KEK Lido berlokasi di Lido, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, merupakan KEK Pariwisata dengan area seluas 1.040 hektar. Sesuai dengan komitmen rencana investasi, dalam 20 tahun kedepan akan direalisasikan investasi sebesar Rp32 triliun dan akan menyerap 29.545 orang tenaga kerja.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), pembangunan KEK Lido tahap pertama akan menelan investasi sebesar Rp14,2 triliun. Adapun, proyek tahap awal KEK Lido yakni Lido Extension, Golf Course, Golf Club, Movieland, Theme Park, Music and Art Center, Infrastruktur dan Sarana Prasarana, serta Lido World Garden.

Kehadiran Theme Park yang akan dibangun di dalam KEK Lido diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun. Inflow devisa dari wisatawan mancanegara serta penghematan outflow devisa dari wisatawan nusantara dapat mencapai US$4,1 miliar selama 20 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper