Transfer Luar Negeri Semakin Mudah, Perhatikan Hal Ini!

Transaksi perbankan di zaman sekarang ini semakin mudah untuk dilakukan salah satunya adalah transfer uang ke luar negeri lewat layanan remittance.
Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-cangkir-smartphone-minuman-7876973/
Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-cangkir-smartphone-minuman-7876973/

Bisnis.com, JAKARTA - Transaksi perbankan di zaman sekarang ini semakin mudah untuk dilakukan. Termasuk salah satunya adalah transfer uang ke luar negeri lewat layanan remittance. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan uang ke luar negeri secara praktis dan prosesnya juga bisa berjalan lebih cepat.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kini Anda tidak perlu repot-repot ke kantor jasa pengiriman uang luar negeri. Anda bisa mengirim uang ke negara lain lewat satu aplikasi smartphone. Transfer luar negeri jadi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa menghabiskan banyak waktu.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Kebutuhan transaksi masyarakat di zaman modern sekarang ini memang semakin beragam. Hal ini memicu munculnya kebutuhan transaksi perbankan yang lebih bervariasi dan salah satunya adalah transfer luar negeri. Sebelum menggunakan fasilitas transfer uang luar negeri apapun, pastikan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

●      Riwayat Keuangan

Pertama-tama perhatikan rekam jejak atau riwayat keuangan transaksi. Pastikan bahwa rekam jejak keuangan tersedia dan mudah untuk diakses. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa proses transfer berjalan lancar. Adanya fitur ini juga akan mempermudah Anda untuk mencari informasi jika ternyata proses transfer tidak berjalan sesuai harapan.

Riwayat keuangan ini akan mempermudah Anda melakukan pengecekan. Melalui data tersebut Anda juga bisa memastikan apakah transaksi berjalan dengan lancar atau tidak. Jika ada keterlambatan transfer maka Anda juga bisa menelusuri rekam jejaknya tanpa perlu ribet.

Penting untuk diketahui keberadaan fitur ini tidak hanya penting bagi Anda sebagai pengguna namun juga bagi penyedia layanan. Melalui fitur ini penyedia layanan bisa dengan mudah mengetahui riwayat transaksi yang sudah Anda lakukan. Jadi lebih mudah untuk memberikan konfirmasi atau mengecek apakah transaksi Anda berjalan baik atau tidak.

●      Biaya Transfer

Selanjutnya perhatikan biaya transfer atau biaya kirim uang yang diberlakukan. Biaya pengiriman ini sangat penting untuk dipertimbangkan apalagi jika Anda tidak mau mengeluarkan terlalu banyak uang. Misalnya saja saat harus transfer uang ke luar negeri Anda tidak punya banyak uang sisa jadi butuh layanan transfer yang hemat biaya kirim.

Pastikan untuk mengecek dulu biaya pengirimannya. Lebih disarankan untuk memilih layanan transfer uang luar negeri yang memberlakukan fee atau biaya rendah. Ini akan terasa menguntungkan karena Anda tidak perlu menambah biaya lebih besar.

●      Kurs Mata Uang Asing

Tentu saja jika ingin melakukan transfer uang ke luar negeri Anda harus memperhitungkan kurs mata uang asing yang diberlakukan. Penting sekali untuk memeriksa nilai kurs terlebih dahulu sehingga nominal uang yang ditransfer tepat. Jika Anda tidak memperhitungkan nilai kurs maka bisa saja jumlah uang yang dikirim tidak sesuai nominal seharusnya.

Anda tentu paham bahwa dalam proses transfer uang atau transaksi, nominal adalah hal yang sangat penting. Jangan menyamakan proses transfer uang luar negeri dengan transfer domestik. Perhitungan kurs harus dipertimbangkan sehingga uang yang dikirim tidak akan kurang karena Anda salah melakukan konversi.

●      Waktu Transfer

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan saat Anda melakukan transfer ke luar negeri adalah waktu. Transfer uang ke luar negeri tidaklah semudah dan se-simple transfer uang dalam negeri. Selain harus menghitung kurs mata uang, Anda juga harus memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses transfer tersebut.

Sebenarnya proses transfer mata uang asing ini dilakukan lewat sistem internet dan real time. Namun bisa saja dibutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi ada selisih waktu juga antara negara satu dengan yang lain sehingga proses transfer pun bisa berjalan lebih lama.

Anda sebaiknya memperhitungkan baik-baik, kapan harus transfer uang agar bisa sampai ke penerima tepat pada waktunya. Disarankan juga untuk memilih jasa transfer uang yang bisa memberi pelayanan cepat. Lebih bagus lagi jika Anda menggunakan jasa yang bisa menyelesaikan proses transfer uang dalam satu hari yang sama.

●      Jasa Pengiriman yang Dipakai


Tentu saja sebelum melakukan transfer uang ke luar negeri Anda harus memperhatikan jasa yang akan membantu Anda. Pilihlah layanan jasa transfer uang ke luar negeri yang benar-benar kredibel dan bisa diandalkan. Sudah disebutkan bahwa proses transfer uang ke luar negeri tidaklah semudah transfer dalam negeri, jadi jangan sampai asal pilih.

Pastikan layanan yang Anda pakai bisa membantu proses pengiriman uang secara cepat dan aman. Layanan yang kredibel bisa membantu Anda lebih mudah transfer ke luar negeri untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Baik kebutuhan bisnis, kebutuhan pribadi, dan lain sebagainya.

Perhatikan baik-baik 5 hal yang sudah dibahas tadi sebelum Anda melakukan transfer uang ke luar negeri. Apalagi kalau nominal uang yang akan ditransfer cukup besar. Jangan sampai Anda harus mengalami kerugian karena tidak teliti saat melakukan transfer. Jika hal ini terjadi maka bukan hanya saja yang akan rugi tapi orang lain yang akan menerima uang juga merasa dirugikan.

Cara Mudah Transfer Luar Negeri dengan Aman

Proses transfer uang ke luar negeri memang tidak semudah transfer dalam negeri. Namun seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, transfer uang ke luar negeri jadi bertambah praktis. Cobalah untuk mengikuti cara-cara ini jika Anda ingin mengirim uang ke luar negeri dengan mudah dan aman:

●      Pastikan Tujuan Transfer

Pertama-tama pastikan dulu tujuan transfer Anda. Tidak sama seperti transfer dalam negeri dimana Anda hanya butuh memastikan nomor rekening sudah benar, di sini Anda juga harus memastikan negara tujuan. Tentukan kemana Anda akan mengirim uang lalu pastikan nomor rekeningnya sudah tepat.

Saat transfer uang ke luar negeri, Anda harus tahu negara tujuannya untuk memperhitungkan nilai kurs. Tadi sudah disebutkan bahwa kurs mata uang menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan sebelum melakukan transfer. Jadi setelah menentukan tujuan transfer Anda bisa mencari tahu dulu nilai kurs yang berlaku saat ini.

Tujuan transfer ini juga bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk memilih layanan jasa yang akan dipakai. Bisa saja jasa pengiriman uang ke luar negeri hanya melayani transfer ke negara-negara tertentu. Jadi Anda tahu apakah jasa tersebut bisa memfasilitasi Anda untuk transfer uang ke negara tujuan atau tidak.

●      Siapkan Dana sesuai Kebutuhan

Selanjutnya Anda bisa mempersiapkan dana sesuai kebutuhan transfer. Pastikan dana ini sudah diperhitungkan dengan baik termasuk nilai kurs mata uang tadi. Jika ingin mengirimkan uang ke luar negeri, maka Anda perlu menyediakan uang yang lebih banyak dari nominal yang perlu ditransfer. Kelebihan uang ini dipakai untuk perhitungan kurs.

Bayangkan saja, jika Anda tidak memperhitungkan nominal transfer dengan cermat dan tidak menyertakan nilai kurs. Kemungkinan besar Anda akan mengalami kesalahan transfer uang. Nominal yang ditransfer bisa saja kurang dan ini tentu akan mempersulit Anda. Apalagi jika tujuan transfer untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya darurat.

Jadi pastikan untuk menghitung jumlah uang yang akan ditransfer dengan teliti. Jika perlu, tanyakan saja langsung kepada layanan jasa yang akan dipakai. Ini lebih baik daripada Anda salah melakukan transfer dan harus mengulanginya kembali.

●      Pilih Layanan Transfer yang Aman

Layanan remittance adalah salah satu kunci penting yang akan membantu Anda bisa transfer ke luar negeri dengan aman. Layanan perbankan yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan mudah namun tetap harus berhati-hati. Cermati terlebih dahulu cara kerja, biaya transfer, kecepatan pengiriman dana, dan lain sebagainya agar Anda tidak salah pilih.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang, layanan transfer uang semacam ini memang semakin canggih. Namun belum tentu semuanya aman untuk dipakai. Jadi pastikan layanan yang akan Anda gunakan sudah terjamin aman dan beroperasi secara legal. Masalah legalitas ini sangat penting agar tidak terjadi kendala di kemudian hari.

Jika sudah menemukan layanan transfer luar negeri yang aman, Anda bisa langsung mengirimkan uang ke rekening tujuan. Pastikan input nominal dana dan rekening tujuan sudah dilakukan dengan benar. Lakukan pemeriksaan kembali agar tidak terjadi kesalahan transfer yang nantinya akan merugikan Anda.

●      Lakukan Pengecekan


Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengecek apakah proses pengiriman uang berjalan lancar atau tidak. Jika uang sudah ditransfer, maka yang perlu Anda lakukan adalah memantau seperti apa proses transfernya. Jika layanan transfer yang Anda pilih tepat, maka proses pengiriman dana ini mungkin tidak akan memakan waktu yang lama.

Saat ini Anda bisa memilih layanan transfer uang ke luar negeri yang memungkinkan untuk selesai dalam hitungan jam atau kurang dari 1 hari. Tentu lama waktu transfer ini juga akan dipengaruhi negara tujuan transfer. Poin pentingnya, pastikan proses transfer tidak memakan waktu yang terlalu lama dan berjalan dengan aman.

Anda bisa terus memantau proses pengiriman dana sampai benar-benar diterima oleh rekening tujuan. Jika Anda sudah pernah melakukan transfer luar negeri sebelumnya, mungkin proses ini akan berjalan lebih mudah. Namun jika baru pertama kali melakukannya mungkin akan terasa sulit dan Anda juga harus ekstra hati-hati.

Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Aplikasi digibank by DBS


Saat ini Anda bisa mengirim uang ke luar negeri dengan mudah dan aman pakai aplikasi digibank by DBS. Tersedia layanan remittance yang bisa Anda manfaatkan kapan saja. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh fasilitas transfer uang ke luar negeri dari digibank by DBS:

●         Kirim uang ke luar negeri dengan mudah bisa dilakukan kapan saja selama 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS

●         Bebas biaya transfer lebih dari 20 tujuan dengan 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.

●         Memberi penawaran FX rate terkini dan kompetitif.

●         Sampai di  hari yang sama untuk transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan

Anda bisa mendapatkan kemudahan mengirim uang ke luar negeri lewat satu genggaman tangan. Layanan ini akan membuat proses transfer uang ke berbagai negara berjalan lebih mudah dan cepat. Kebutuhan transaksi Anda ke negara lain bisa terpenuhi tanpa perlu ribet.

Adanya layanan remittance dari Aplikasi digibank by DBS ini terjamin aman dan kredibel. Anda bisa melakukan transfer uang untuk berbagai jenis kebutuhan baik kebutuhan pribadi maupun keperluan bisnis. Langsung saja klik di sini agar Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper