Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

14 Nama Lolos Calon Anggota BPK, Deputi Komisioner OJK Hingga Direktur PwC

DPR RI meloloskan 14 nama dalam seleksi perebutan satu bangku pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang menjabat 5 tahun ke depan.
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi XI DPR RI mengumumkan 12 nama calon Anggota BPK RI. Nama ini merupakan hasil saringan internal komisi XI yang membawahi keuangan. 


"Berdasarkan keputusan rapat internal Komisi XI DPR RI pada 21 Maret 2023, telah diputuskan dan ditetapkan 14 nama calon anggota BP RI yang akan mengikuti pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan," tertulis dalam pengumuman yang ditandatangani Kahar Muzakir sebagai ketua dan para wakilnya bertanggal hari ini, Selasa (29/3/2023). 


Sebanyak 14 nama ini akan memperebutkan 1 bangku anggota BPK RI. Meski demikian tidak dijelaskan anggota BPK yang lowong dalam pengumuman ini. Berdasarkan penelusuran Bisnis di laman BPK, pimpinan yang habis masa jabatannya adalah Agus Joko Pramono yang saat ini menjadi Wakil Ketua BPK. Agus dilantik pada 2018 untuk periode jabatan kedua. 


Lalu siapa saja calon anggota BPK RI yang diloloskan oleh DPR? Berikut daftar dan profilnya: 

1. Budi Santoso: 

Dalam laman Linkedinnya, Budi mencantumkan posisinya saat ini sebagai direktur di lembaga audit PwC South East Asia Consulting. 


2. Imam Nashirudin

Saat ini Imam tercatat sebagai pejabat di Direktorat Jenderal Pajak. Pada laman Linkedinnya, Imam mencatatkan posisinya saat ini sebagai Kepala Bidang Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian Dirjen Pajak


3. Fahmi Harsandono Matori

Fahmi saat ini tercatat sebagai Ketua Dewan Pembina Asosiasi Penambang Nikel (APNI). Nama ini sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). 


4. Cris Kuntadi

Sosok doktor dari Universitas Brawijaya ini merupakan pejabat karir di Kementerian Perhubungan dengan jabatan terakhir staf ahli yang kemudian bergeser sebagai pengajar. Saat ini Cris juga menjadi dosen di Universitas Bhayangkara. 


5. Andi Muh. Yuslim Patawari

Sosok aktivis muda ini memiliki sejumlah kegiatan seperti Ketua DPP AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) hingga Wakil Ketua KADIN Provinsi Sulawesi Selatan. Namanya juga tercatat sebagai  assesor di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).


6. Rachmat Manggala Purba

Sosok ini sebelumnya juga telah ikut seleksi BPK hingga tahap uji kepatutan dan kelayakan. Rachmat berprofesi sebagai penilai di kantor jasa penilai publik (KJPP) Rachmat MP dan rekan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Anggara Pernando

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper