Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Inka Kaji Opsi Retrofit KRL Lama, Bisa Dipakai 10 Tahun Lagi

PT Inka mengkaji opsi retrofit terhadap KRL lama, sehingga masih bisa dipakai hingga 10 tahun lagi dari usia pensiun.
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT Inka akan mengkaji rencana retrofit untuk rangkaian kereta rel listrik (KRL) milik PT Kereta Commuterline Indonesia atau KAI Commuter yang akan dipensiunkan pada 2023-2024. Retrofit bisa menambah usia pakai KRL hingga 10 tahun ke depan.

Direktur Utama Inka Eko Purwanto menjelaskan opsi retrofit adalah penggantian atau pembaruan pembaruan teknologi atau fitur baru pada rangkaian kereta lama. Dia menuturkan beberapa keuntungan dari opsi retrofit adalah lebih efisien, membutuhkan sedikit perawatan, dan adanya jaminan suku cadang.

“Kami sedang siapkan kajian untuk retrofit KRL milik KCI. Rencana retrofit itu pada dasarnya yang kami gunakan hanya car body-nya, sementara teknologi-teknologinya diganti dengan yang baru,” jelasnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi Vi DPR RI di Kompleks Parlemen, Senin (27/3/2023).

Dia memproyeksikan proses manufaktur pada retrofit KRL lama membutuhkan waktu sekitar 16 bulan. Proses manufaktur tersebut akan melalui beberapa tahap, yakni engineering, design, procurement, production, hingga pengujian (test) dan kemudian pengiriman (delivery).

Eko mengatakan, rangkaian kereta yang telah diretrofit dapat memiliki umur operasi tambahan hingga di atas 10 tahun. Hal tersebut mengingat pemutakhiran teknologi-teknologi yang ada pada KRL tersebut seperti propulsion, DC chopper, motor generator, dan lainnya.

Dia menambahkan pihaknya belum dapat memastikan seluruh rangkaian KRL yang dipensiunkan pada 2023-2024 akan diretrofit. Keputusan ini akan bergantung pada PT KCI sebagai operator KRL Jabodetabek.

“Karena ini re-engineering kami masih terus memperhitungkan secara cermat dan tepat sehingga hasilnya harus sesuai,” tambahnya.

Sebelumnya, PT KCI berencana untuk melakukan impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB) berupa 120 Unit KRL Type E217 untuk kebutuhan 2023. PT KCI juga hendak mengimpor 228 Unit KRL Type E217 untuk tahun kebutuhan 2024 dengan Pos Tarif/HS Code 8603.10.00. 

Berdasarkan informasi dari laman resmi East Japan Railway Company atau JR East, KRL tipe E217 merupakan rangkaian kereta yang pertama kali diperkenalkan ke publik Jepang pada Desember 1994. 

Rangkaian kereta ini diproduksi oleh JR East dan memiliki kecepatan maksimal 120 kilometer per jam. KRL seri E217 diproduksi mulai Desember 1994 hingga 1999 dan melayani rute Yokosuka Line, Sobu Line Rapid, Sobu Main Line, Sotobo Line, Uchibo Line, Narita Line, serta Kashima Line di Jepang. 

Adapun, mulai 2020 hingga 2024 JR East akan mengganti KRL E217 dengan penerusnya, yaitu seri E235.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper