Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Daops 4 Semarang: Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Baru Terjual 38 Persen

KAI Daops 4 Semarang mencatat jumlah tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2023 tanggal keberangkatan 12 April hingga 3 Mei baru terjual sekitar 38 persen.
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 4 Semarang mencatat jumlah tiket kereta jarak jauh untuk angkutan mudik Lebaran 2023 tanggal keberangkatan 12 April hingga 3 Mei baru terjual sekitar 38 persen.

"Tiket yang sudah terjual mencapai 338 ribu tempat duduk," kata Manajer Humas PT KAI Daops 4 Semarang Ixfan Hendri Witoko sebagaimana dikutip Antara, Sabtu (25/3/2023).

Menurut Ixfan, jumlah tersebut masih akan terus bertambah, menyusul masih panjangnya masa penjualan tiket.

Adapun tanggal keberangkatan favorit para calon penumpang, kata dia, yakni 20, 21, dan 26 April 2023.

Ia menambahkan tiket yang terjual untuk ketiga tanggal favorit tersebut sudah mencapai lebih dari 50 persen.

Adapun rute favorit pada angkutan Lebaran ini meliputi tujuan Jakarta, Bandung, serta Surabaya.

Sementara kepada pelanggan yang telah kehabisan tiket KA jarak jauh tersebut, Ixfan menyarankan agar menggunakan "connecting train" sebagai opsi perjalanan.

"Fitur 'connecting train' tersedia di aplikasi KAI Access," katanya pula.

Dia mengimbau calon penumpang menyiapkan rencana perjalanannya sebaik mungkin, karena tiket KA angkutan Lebaran ini masih cukup tersedia.

Sebeumnya, VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah tiket kereta api jarak jauh untuk masa Angkutan Lebaran 1444 H/2023 hingga Kamis (23/3/2023) telah mencapai 1 juta lembar atau sebesar 37 persen dari total tiket yang disediakan selama masa angkutan Lebaran. Jumlah tersebut masih akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung.

Joni menuturkan, relasi favorit pelanggan sejauh ini didominasi untuk kereta api dari arah barat (Jakarta/Bandung) menuju arah timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) pada periode sebelum Lebaran.

Sementara itu, untuk periode setelah Lebaran, relasi favorit diisi oleh perjalanan kereta api dari timur (Jawa Tengah/Jawa Timur) menuju arah barat (Jakarta/Bandung).

Adapun tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di antaranya 20 April 2023 dengan jumlah tiket terjual 63 persen. Menyusul di belakangnya adalah tanggal keberangkatan 21 April 2023 sebanyak 61 persen tiket terjual, dan tanggal 26 April 2023 sebanyak 55 persen.

Joni berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” kata Joni dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (24/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ibad Durrohman
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper