Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Bansos 2023 dan Gasifikasi Batu Bara BUMI

Cara daftar bansos 2023 dan proses gasifikasi batu bara BUMI usai Air Products hengkang menjadi topik terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Tampilan aplikasi Cek Bansos untuk mengecek penerima BLT BBM Rp600.000/Bisnis-Feni Freycinetia Fitriani
Tampilan aplikasi Cek Bansos untuk mengecek penerima BLT BBM Rp600.000/Bisnis-Feni Freycinetia Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Kanal Ekonomi Bisnis.com tertarik dengan artikel cara mendaftar penerima bantuan sosial (bansos) 2023. Salah satu yang ditunggu adalah bansos PKH senilai Rp3 juta.

Selain itu, pembaca juga mencermati proyek gasifikasi batu bara PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) usai Air Products & Chemical Inc. memilih mundur.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com selengkapnya:

1. Bansos 2023 Cair, Begini Cara Dapat Bantuan Rp3 Juta per Orang Lewat Cekbansos Kemensos

Bansos PKH akan kembali segera dicairkan pada bulan Maret 2023 ini. Kalau kamu belum terdaftar, cek tutorial berikut untuk melakukan pendaftaran.

Tak dapat dipungkiri jika salah satu bantuan yang cukup ditunggu-tunggu adalah bansos PKH. Bagaimana tidak, jenis bansos ini memberikan bantuan hingga Rp3 juta per orang.

Meski demikian, PKH akan diberikan ke dalam beberapa kategori. Dua kategori yang akan mendapat dana besar dari PKH ini adalah ibu hamil dan balita.

2. Gasifikasi Batu Bara: BUMI Bakal Punya Mitra Baru Usai Air Products Hengkang

Emiten tambang Grup Bakrie dan Salim, PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) tengah merampungkan kerja sama baru dengan mitra pengganti Air Products & Chemical Inc. (APCI) untuk percepatan proyek hilirisasi batu bara menjadi metanol tahun ini.

Finalisasi kerja sama baru itu sebagai lanjutan dari pilihan APCI yang ingin mundur dari portofolio hilirisasi batu bara di Indonesia awal tahun ini, termasuk proyek anak usaha BUMI PT Kaltim Prima Coal (KPC) di Kalimantan Selatan.

“Kita tengah memfinalkan rencana pengembangan dengan mitra lain,” kata Direktur BUMI, Dileep Srivastava, saat dihubungi, Rabu (15/3/2023).

3. Ketika Ambisi Kartel Nikel Indonesia Ditolak Berbagai Sisi

Ambisi untuk membentuk kartel negara-negara produsen nikel, pernah diapungkan oleh Indonesia pada tahun lalu. Namun demikian, keinginan Indonesia tersebut tampak tak mendapatkan respons yang sesuai harapan dari negara-negara mitra.

Sakdar informasi, pada November 2022 lalu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengusulkan pembentukan kartel produsen nikel. Konsep tersebut serupa dengan Organisasi Negara Pengekspor Minyak Bumi (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) di industri minyak.

Kala itu, dia menyampaikan wacana tersebut ketika bertemu dengan Menteri Perdagangan Internasional, Promosi Ekspor, Usaha Kecil dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng.

4. Dari Kemenhub hingga Jasa Raharja, Berikut 6 Penyelenggara Mudik Gratis Tahun 2023

Lebaran sebentar lagi, saat ini sudah ada enam penyelenggara mudik gratis 2023 yang bisa kamu manfaatkan. Salah satu yang cukup jadi perbincangan adalah mudik gratis Kemenhub.

Layanan mudik gratis 2023 disediakan oleh Kemenhub melalui DJKA. Pendaftarannya sendiri sudah dibuka sejak 1 Maret hingga 3 Mei 2023.

Nantinya, program mudik gratis ini digelar pada 11-20 April 2023, sementara arus baliknya diselenggarakan pada 25 April hingga 4 Mei 2023.

5. Bank Sentral Swiss Siap Suntik Bantuan Likuiditas untuk Credit Suisse

Bank sentral Swiss mengatakan akan memberikan bantuan likuiditas kepada Credit Suisse Group AG setelah sahamnya anjlok hingga 30 persen ke level terendah sepanjang masa pada Rabu (15/3/2023).

Dilansir dari Reuters, dalam sebuah pernyataan bersama, regulator keuangan Swiss FINMA dan Swiss National Bank (SNB) mengatakan bahwa Credit Suisse dapat mengakses likuiditas dari bank sentral jika diperlukan.

“Credit Suisse memenuhi persyaratan modal dan likuiditas yang dibebankan kepada bank-bank yang secara sistemik penting,” demikian menurut pernyataan FINMA dan SNB, dikutip Kamis (16/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper