Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batik Air Segera Buka Rute Penerbangan Langsung Bali-Singapura

Pembukaan rute baru Batik Air dari Bali ke Singapura dapat memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia dan Singapura.
Batik Air dengan tipe pesawat Airbus 320-200CEO./Batik Air - Marthunis
Batik Air dengan tipe pesawat Airbus 320-200CEO./Batik Air - Marthunis

Bisnis.com, JAKARTA - Batik Air, anggota dari Lion Air Group menargetkan mulai April 2023 akan melayani rute international berjadwal dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (DPS) tujuan Bandar Udara Internasional Changi di Singapura (SIN).

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pembukaan penerbangan langsung Batik Air dari Bali ke Singapura dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi berbagai pihak. 

Pertama, kemudahan akses wisatawan dan pelaku bisnis. Pasalnya, Bali merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia dan Singapura dikenal sebagai salah satu kota besar di Asia Tenggara.

"Penawaran menarik ini akan memudahkan para wisatawan untuk melakukan perjalanan ke kedua destinasi tersebut tanpa harus transit atau melakukan perjalanan melalui kota-kota lain," kata Danang dalam keterangan resmi, Senin (27/2/2023).

Data Februari 2023, BPS melaporkan kedatangan wisatawan ke Bali di Desember 2022 yaitu 377.276 kunjungan. Meningkat 31.27 persen dari November 2022.

Adapun, manfaat kedua dari pembukaan rute baru tersebut ialah potensi pengembangan pariwisata dan pendidikan. Danang mengatakan penerbangan langsung Batik Air nantinya mampu mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali dan Singapura.

"Batik Air turut mendukung program pemerintah mendatangkan turis asing dengan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Kunjungan wisatawan mancanegara diharapkan dapat mencapai angka 7,4 juta dan wisatawan nusantara mencapai 1,2 - 1,4 miliar pergerakan," ujarnya.

Ketiga, memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura. Kedua negara diketahui memiliki hubungan bilateral kuat dalam berbagai bidang, termasuk di bidang ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan pariwisata.

Keempat, kontribusi dalam peningkatan ekonomi. Danang mengaku optimistis dari pertumbuhan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali dan Singapura, dapat meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian kedua destinasi.

"Adanya penerbangan langsung Batik Air dapat memperlancar mobilitas antara kedua negara serta berpotensi meningkatkan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Singapura," ungkapnya.

Kelima, para wisatawan juga dapat memanfaatkan koneksi penerbangan internasional di Singapura untuk melanjutkan perjalanan ke kota-kota lain di dunia. Melalui Bali, wisatawan mancanegara akan terhubung langsung ke Lombok, Bima, Sumbawa, Waingapu, Tambolaka, Kupang, Labuan Bajo, Manado, Australia dan kota tujuan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper