Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang LRT Beroperasi, Adhi Commuter (ADCP) Klaim Penjualan Properti Naik

Adhi Commuter (ADCP) menyebut hampir seluruh proyek LRT City bisa membukukan peningkatan penjualan jelang beroperasinya LRT Jabodebek.
Sebanyak 19 trainset dari total 31 trainset LRT Jabodebek telah dikirim ke Jakarta melalui stasiun Harjamukti (20/1/2021). /INKA
Sebanyak 19 trainset dari total 31 trainset LRT Jabodebek telah dikirim ke Jakarta melalui stasiun Harjamukti (20/1/2021). /INKA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Adhi Commuter Properti Tbk. (ADCP), anak usaha dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk. optimistis operasional LRT Jabodebek pada pertengahan 2023 akan berimbas langsung pada proyek properti LRT City di Cikunir.

Direktur Utama ADCP, Rizkan Firman, mengatakan infrastruktur memicu peningkatan minat konsumen di belasan proyek LRT City yang terintegrasi dengan transportasi umum atau transit oriented development (TOD).

“Hampir seluruh proyek LRT City bisa membukukan peningkatan penjualan yang signifikan dan ini tidak terlepas dari segera beroperasinya LRT Jabodebek," kata Firman dalam keterangan resminya, Senin (27/2/2023).

Salah satu proyek ADCP yang terkoneksi langsung dengan LRT Jabodebek dan dianggap sukses adalah LRT City MTH yang merupakan gedung perkantoran MTH 27 Office Suites yang berlokasi di salah satu Central Business District (CBCD) Jakarta yaitu Jalan MT Haryono. 

MTH 27 Office Suites merupakan gedung kantor 16 lantai yang memiliki skybridge sepanjang 17 meter untuk menghubungkan area komersial LRT City MTH dengan Stasiun LRT Ciliwung yang berpotensi mendatangkan traffic sekitar seribuan orang setiap harinya.

"Saat ini seluruh lantai kantor pada gedung MTH 27 Office Suites telah fully occupied oleh PT Adhi Karya dengan area komersial yang dikhususkan untuk tenan Food & Beverages," ujarnya.

Project Director LRT City MTH-MTH 27 Office Suites, Setya Aji Pramana menambahkan, MTH 27 Office Suites ini dihadirkan sebagai respons kawasan yang terus berkembang khususnya untuk berbagai kebutuhan bisnis.

“Menyediakan 13 lantai strata title office building seluas 26.600 m2, gedung ini juga dilengkapi empat lantai basement, area perbankan, ATM center, dan dua lantai area komersial dengan fungsi untuk kafe, restoran, dan sebagainya,” jelasnya.

Selain terintegrasi dengan Stasiun LRT, Rizkan mengungkapkan MTH 27 Office Suites juga terhubung dengan transportasi publik lainnya seperti kereta komuter dan Transjakarta.

"Kawasannya juga dikelilingi akses tol sehingga produk ini sangat lengkap dari sisi sarana, fasilitas, integrasi dengan transprotasi publik, kemudahan aksesibilitas, dan sebagainya,” tandasnya.

Tak hanya perkantoran, ADCP juga memiliki proyek apartemen LRT City Cikunir yang akan diluncurkan pada semester II/2023 dengan luas lahan mencapai 4 hektare. Adapun, ADCP menggelontorkan dana sebesar Rp4,1 triliun untuk proyek tersebut.

Dari proyek LRT City Cikunir, ADCP menargetkan Return on Investment (ROI) mencapai 17 persen dan Internal Rate of Return (IRR) ditargetkan mencapai 14 persen.

Sebagaimana diketahui, LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada bulan Juli 2023 dengan tujuan menjadi pilihan transportasi umum bagi masyarakat yang shifting dari penggunaan kendaraan pribadi.

Tren ini sudah terjadi di negara-negara maju seperti Singapura, Hongkong, Tokyo, dan banyak kota modern lainnya, dimana hal tersebut juga mulai diterapkan di kota-kota besar Indonesia khususnya Jakarta.

LRT Jabodebek dirancang dengan mekanisme otomasi Grade of Automation (GOA) level 3 yang membuat kereta bergerak dan berhenti secara otomatis tanpa masinis (driveless) kendati tetap ada train attendant yang akan menangani operasional pintu maupun gangguan bila ada kondisi kedaruratan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper