Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meikarta Wadahi UMKM dan Pekerja Lokal

Kota Meikarta berkomitmen mewadahi UMKM dan pekerja lokal Kabupaten Bekasi.
Jajaran gedung apartemen di proyek pembangunan Meikarta, Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Bisnis/Abdurachman
Jajaran gedung apartemen di proyek pembangunan Meikarta, Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan Kota Meikarta menjadi sentra kegiatan masyarakat turut membantu mendongkrak perekonomian warga lokal melalui sejumlah event dan usaha perniagaan. Meikarta juga berkomitmen mewadahi UMKM dan pekerja lokal.

Di kawasan Central Park Meikarta, berbagai kegiatan seperti acara otomotif bertaraf nasional serta bazar produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus digelar di area yang berlokasi di Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, itu.

"Total pegawai kami ada 20 orang. Semuanya memang kami alokasikan untuk warga lokal sehingga warga sekitar sini juga merasakan dampak positif," kata Pengelola Wahana Permainan Central Park Meikarta, Nurhalim Saputra di Cikarang, dalam keterangan resminya.

Optimalisasi penyerapan tenaga kerja lokal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam upaya mengentaskan kemiskinan melalui perluasan kesempatan kerja bagi warga lokal. Selain menyerap tenaga kerja lokal, masyarakat sekitar yang mendirikan stan di dalam kawasan juga merasakan keuntungan.

"Apalagi kalau ada acara, masyarakat yang mau buka stan di dalam area akan kami berikan keringanan biaya sehingga perekonomian masyarakat ikut terdongkrak," katanya.

Pengelola Area Kuliner Pedagang UMKM Central Park Meikarta H. Sagif menjelaskan area tempat makan di sekitar lokasi juga turut membantu menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Saya kelola dari tahun 2018, memang area food court kami prioritaskan untuk warga lokal di sekitar Central Park Meikarta. Total ada 26 pedagang. Begitu pula pegawai yang berjumlah 65 orang, semua warga asli Kabupaten Bekasi," kata H. Sagif.

Keberadaan Central Park Meikarta juga berdampak pada keamanan dan ketertiban lingkungan. Tindak kriminalitas semakin berkurang dikarenakan acara-acara yang digelar dikunjungi banyak anak muda.

"Keberadaan Central Park Meikarta sendiri membuat lingkungan sekitar jadi kondusif dan aman. Jadi pusat kegiatan anak-anak muda untuk melakukan hal-hal positif," ucapnya.

Tak hanya di area Central Park, kawasan Distrik 1 Meikarta juga turut berkontribusi meningkatkan daya saing pengusaha lokal, seperti yang dirasakan Aldi Neldi Tumbelaka, pemilik Allia Resto.

Aldi yang sudah empat tahun membuka usaha mengatakan area Cikarang masih minim kawasan komersial sehingga keberadaan Meikarta berdampak positif bagi perekonomian warga sekitar. Kini rumah makan khas Manado miliknya telah memiliki 5 cabang setelah merintis usaha pertamanya di Distrik 1 Meikarta.

"Pengunjungnya 50-100 per hari, cukup stabil di hari biasa, kemudian di weekend lebih ramai lagi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper