Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LPDP Buka Kompetisi Riset EBT dan Transisi Energi, Pendanaan Ratusan Juta Rupiah

Pendaftaran kompetisi riset EBT dan transisi energi dari LPDP dibuka hingga April 2023.
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022/LPDP Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA — Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP bersama PT Sarana Multi Infrastruktur atau SMI mengadakan kompetisi riset di bidang energi terbarukan dan transisi energi dengan mengajak 15 universitas. Proposal terpilih berhak memperoleh pendanaan ratusan juta rupiah.

LPDP menjelaskan bahwa pelaksanaan riset dapat membantu optimalisasi dan pengembangan transisi menuju energi hijau serta ekonomi berkelanjutan. Langkah itu penting karena Indonesia berpotensi besar untuk terlibat dalam perdagangan karbon dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

LPDP dan SMI pun mengajak 15 universitas untuk mengirimkan proposal riset terkait produk atau inovasi di bidang energi baru dan terbarukan (EBT). Peserta dengan proposal terpilih akan memperoleh pendanaan hingga Rp500 juta dalam jangka waktu satu tahun.

"Hasil riset diharapkan menjadi bagian solusi transisi energi kepada EBT yang lebih aman, rendah biaya, dan berkelanjutan," tulis LPDP dalam unggahan media sosialnya, dikutip pada Senin (13/2/2023).

Pendaftaran kompetisi riset itu berlangsung pada 28 Februari—28 April 2023, dilanjutkan dengan proses self assessment pada 28 Maret—28 April 2023. Lalu, terdapat seleksi administrasi yang berlangsung pada 3—5 Mei 2023.

Seleksi substansi untuk peserta terseleksi akan berlangsung pada 17—26 Mei 2023. Penetapan penerima atas kandidat terpilih dilakukan setelahnya, sehingga mereka resmi menerima pendanaan riset.

"Seluruh universitas didorong untuk melibatkan start-up di lingkungannya sebagai mitra yang akan menghilirisasi produk yang akan dihasilkan. Universitas yang belum memiliki start-up boleh mengusulkan sendiri dengan mempertimbangkan adanya luaran produk/teknologi serta membentuk sebuah start-up," tertulis dalam unggahan LPDP.

Berikut daftar 15 universitas yang dapat terlibat dalam kompetisi riset EBT dan transisi energi:
-Institut Pertanian Bogor
-Institut Teknologi Bandung
-Instutit Teknologi Sepuluh November
-Universitas Airlangga
-Universitas Andalan
-Universitas Brawijaya
-Universitas Diponegoro
-Universitas Gadjah Mada
-Universitas Hasanuddin
-Universitas Indonesia
-Universitas Padjadjaran
-Universitas Pattimura
-Universitas Sebelas Maret
-Universitas Telkom
-Universitas Udayana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper