Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alert! Induk Facebook Siapkan Putaran Baru PHK Karyawan

Dalam beberapa minggu terakhir, ada ketidakjelasan seputar anggaran dan jumlah pegawai Meta Platforms Inc. di masa depan.
Mark Zuckerberg, pendiri Meta Platforms Inc./ Bloomberg
Mark Zuckerberg, pendiri Meta Platforms Inc./ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Induk Facebook, Meta Platforms Inc. dikabarkan telah menunda penyelesaian anggaran beberapa tim bisnis karena sedang mempersiapkan putaran baru PHK karyawan.

Mengutip Reuters, Minggu (12/2/2023), dalam beberapa minggu terakhir, ada ketidakjelasan seputar anggaran dan jumlah pegawai Meta di masa depan. Hal ini dilaporkan eksklusif oleh FT yang mengutip dua karyawan Meta yang mengetahui situasi tersebut.

Awal bulan ini, Meta mengumumkan bahwa perusahaan menargetkan biaya tahun 2023 antara US$89 miliar dan US$95 miliar, dengan CEO Mark Zuckerberg menyebut periode itu sebagai tahun efisiensi.

Sebelumnya, induk WhatsApp ini telah memangkas lebih dari 11.000 pekerjaan atau 13 persen dari tenaga kerjanya pada November 2023, menyusul perusahaan teknologi seperti Amazon.com Inc dan Microsoft Corp yang mengumumkan ribuan PHK karena penurunan ekonomi.

Adapun Facebook sekarang memiliki 2 miliar pengguna aktif harian. Laporan tersebut menandai pertama kalinya Facebook, yang menambahkan 16 juta pengguna pada kuartal kuartal IV/2022, telah mencapai 2 miliar pengguna harian.

Mengutip Engadget, Facebook memang bukan platform pertama Meta yang mencapai 2 miliar pengguna harian, sebab aplikasi WhatsApp baru-baru ini juga melampaui 2 miliar pengguna aktif harian. Namun pencapaian Facebook menunjukkan bahwa sumber pendapatan iklan terbesar perusahaan masih tumbuh, bahkan ketika Meta telah melakukan pemotongan signifikan pada bisnisnya dalam beberapa bulan terakhir

Sekalipun pendapatan Meta telah menyusut selama setahun terakhir, pendapatan perusahaan yang sebesar US$32,2 miliar untuk kuartal terakhir 2022 masih sedikit lebih baik dari yang diharapkan. Pendapatan itu turun 4 persen dibandingkan dari tahun lalu

Selama pertemuan dengan analis pada awal Ferbuari 2023, Zuckerberg menegaskan bahwa Meta akan terus memprioritaskan efisiensi.

"Kami akan lebih proaktif dalam menghentikan proyek yang tidak berjalan atau mungkin tidak lagi penting," katanya. Dia juga mengatakan bahwa teknologi AI generatif akan menjadi prioritas Meta di tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper