Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berguguran! 39 Gerai Transmart Milik Chairul Tanjung Tutup Permanen

Sepanjang 2021-2023, ada sekitar 39 gerai Transmart milik Chairul Tanjung yang tutup secara permanen.
Tempat kasir yang nampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023) - BISNIS/NI Luh Angela.
Tempat kasir yang nampak kosong di gerai Transmart Blok M Square, Jakarta, Senin (30/1/2023) - BISNIS/NI Luh Angela.

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah hypermarket milik Chairul Tanjung berguguran di Indonesia. Sepanjang 2021-2023, ada sekitar 39 gerai Transmart yang tutup secara permanen.

Vice President Corporate Communication Transmart, Satria Hamid, mengatakan jumlah Transmart yang masih beroperasi di seluruh Indonesia hingga saat ini mencapai 95 gerai.

“Ada sekitar 95 toko di seluruh Indonesia. Kita masih buka,” kata Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid kepada Bisnis, Selasa (31/1/2023).

Satria menyebut, ada beberapa lokasi gerai yang berpotensi tumbuh signifikan yaitu di Cempaka Putih dan Kota Kasablanka, Jakarta. Kemudian di Padang, Cibubur, Trans Icon Surabaya, Trans Imam Bonjol di Denpasar, Bali, dan Buah Batu di Bandung.

Sebagaimana diketahui, Transmart telah menutup sejumlah gerainya sejak 2019. Dalam wawancara Bisnis dengan Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid pada April 2021 lalu, dia menyebut ada 134 gerai Transmart yang masih beroperasi.

Artinya, sepanjang 2021 hingga awal 2023, ada 39 gerai Transmart yang berhenti beroperasi atau tutup permanen. Meskipun demikian, Satria enggan untuk menyebutkan secara detail terkait lokasi gerai Transmart yang sudah tidak beroperasi.

Namun, dia mengatakan beberapa gerai yang tutup permanen di antaranya Transmart Mangga Dua Square, Transmart ITC Kuningan, Transmart ITC Permata Hijau, Transmart ITC Cempaka Mas, Transmart Mal Ambasador, Transmart Tamini Square, dan Transmart Keprimall Batam.

Menurutnya, penutupan gerai di sejumlah lokasi tersebut menjadi pilihan terakhir bagi pihak Transmart setelah mengerahkan berbagai upaya untuk kembali menarik minat konsumen ke pusat perbelanjaan milik Chairul Tanjung tersebut.

Suasana Transmart yang sepi pengunjung juga sempat hangat diperbincangkan beberapa waktu lalu. Video yang diunggah oleh akun Twitter @Strategi_Bisnis, pada 24 Januari 2023 itu telah ditonton sebanyak 1,7 juta kali dan di retweet sebanyak 1.664.

“Dulu saat masih Carrefour, lumayan ramai karena harga kompetitif. Saat sudah jadi Transmart, banyak yang jadi sepi kayak gini. Kalau tidak ada perubahan, banyak gerai Transmart yang akan tutup,” tulis akun tersebut, dikutip Rabu (1/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper