Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harta 5 Orang Terkaya di Dunia hingga Akhir 2022, Semuanya Boncos Kecuali Orang Ini

Harta Bernard Arnault, Elon Musk, Bill Gates, dan Warren Buffett sebagai orang terkaya di dunia menurun sepanjang 2022, namun tidak dengan Gautam Adani.
CEO Adani Group Gautam Adani/Business Insider
CEO Adani Group Gautam Adani/Business Insider

Bisnis.com, JAKARTA – Tahun 2022 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi seluruh penduduk dunia, termasuk orang-orang terkaya.

Berdasarkan Bloomberg Billionaire Index hingga Sabtu (31/12/2022), kekayaan empat dari lima orang terkaya di dunia terkikis sepanjang tahun 2022.

Tercatat, pada akhir 2022, kekayaan CEO perusahaan mode ternama dunia Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH) Bernard Arnault turun sebesar US$15,9 miliar sepanjang tahun berjalan (year-to-date/ytd).

Meskipun begitu, Arnault menduduki peringkat pertama dengan kekayaan bersih mencapai US$162 miliar. Ia pun menggeser menggeser posisi Elon Musk, CEO Tesla dan Twitter sebagai orang terkaya di dunia.

“Dia mengendalikan sekitar setengah dari LVMH, yang memiliki pendapatan 64,2 miliar euro [US$76 miliar] pada 2021. LVMH menjual produk termasuk barang-barang kulit Louis Vuitton, jam tangan TAG Heuer, dan sampanye Dom Perignon,” tulis Bloomberg, Sabtu (31/12/2022).

Peringkat kedua diduduki oleh Elon Musk, yang mencatat total kekayaan bersih sebesar US$137 miliar, turun signifikan mencapai US$133 miliar secara tahun berjalan.

Di sisi lain, pendiri Adani Group Gautam Adani menjadi satu—satunya di antara lima orang terkaya di dunia yang mencatatkan kenaikan kekayaan sepanjang tahun 2022. Bloomberg mencatat, kekayaan Gautam mencapai US$121 miliar, meningkat sebesar US$44,0 miliar sepanjang tahun berjalan.

Melonjaknya kekayaan Adani tak lepas dari lonjakan harga batu bara sepanjang tahun 2022. Adani Group diketahui merupakan produsen batu bara termal dan pedagang batu bara terbesar di India.

Selain itu, Adani Enterprises, trading house yang terdaftar di grup tersebut, melaporkan pendapatan sebesar US$$9,3 miliar pada tahun tersebut hingga 31 Maret 2022

Di peringkat keempat, yaitu Bill Gates dengan total kekayaan bersih sebesar US$109 miliar, turun US$28,9 miliar sepanjang tahun berjalan.

Sebagaimana diketahui, Gates ikut mendirikan Microsoft, pembuat perangkat lunak terbesar di dunia. The Redmond, perusahaan yang berbasis di Washington ini memiliki pendapatan US$198 miliar pada 2022.

“Sisa kekayaannya dikelola melalui Cascade Investment yang dipegang erat, yang memiliki saham di lusinan perusahaan publik, termasuk Canadian National Railway, Deere, and Ecolab,” tulis Bloomberg.

Peringkat kelima ditempati Warren Buffett, pendiri Berkshire Hathaway dan investor legendaris kelas dunia. Kekayaan bersih Buffett tercatat sebesar US$107 miliar, turun US$1,48 miliar secara tahun berjalan.

Berkshire Hathaway, tercatat sebagai grup investasi yang menghasilkan 20 persen keuntungan tahunan gabungan dalam nilai pasar sejak 1965.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper