Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Tertahan, Ini Alasan Penjualan Apartemen Masih Cerah

Meski sempat tertahan semenjak pandemi Covid-19, sektor apartemen berangsur pulih dengan adanya pertumbuhan permintaan.
Meski sempat tertahan semenjak pandemi Covid-19, sektor apartemen berangsur pulih dengan adanya pertumbuhan permintaan. /Istimewa
Meski sempat tertahan semenjak pandemi Covid-19, sektor apartemen berangsur pulih dengan adanya pertumbuhan permintaan. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar apartemen yang disebut masih mengalami tekanan pasca pandemi Covid-19 dapat berangsur pulih mengingat kondisi permintaan yang terus tumbuh.

Berdasarkan data Indonesia Property Market Report Q3-2022, permintaan terhadap apartemen tercatat tumbuh sebesar 12,4 persen secara kuartalan.

Namun, dari sisi pasokan pertumbuhannya cukup melambat yakni sebesar 3 persen, sementara indeks harga justru terkontraksi 0,5 persen dari kuartal sebelumnya.

Pengamat properti Anton Sitorus mengatakan permintaan apartemen yang tinggi dapat menjadi peluang bagi pengembang untuk menambah pasokan ke pasar, apalagi dengan harga yang masih rendah.

“Jika pengembang dapat menghasilkan pasokan apartemen dalam jumlah banyak di tengah permintaan yang tinggi dengan harga yang terjangkau, sudah pasti akan ramai,” kata Anton, Senin (27/12/2022).  

Anton menjelaskan keseimbangan antara pasokan, harga, dan permintaan saat ini memang menjadi tantangan para pengembang apartemen kini hingga tahun depan.

Dengan demikian, pengembang perlu melakukan inovasi baru untuk menjangkau pasar, khususnya di wilayah Jabodetabek dengan jumlah penduduk sebanyak 30 juta jiwa.

Di samping itu, dia menerangkan, referensi masyarakat dalam memilih apartemen utamanya terkait lokasi. Aksesibilitas yang prima menuju pusat aktivitas seperti Jakarta, ditopang fasilitas yang lengkap dan harga yang terjangkau akan menjadi nilai tambah utama untuk masyarakat.

“Ditambah dengan komitmen pembangunan serta ketepatan waktu serah terima,” jelasnya.

Adapun, salah satu proyek apartemen di area Selatan Jakarta yakni Tower Ekki Podomoro Golf View besutan Agung Podomoro menjadi bukti permintaan yang cukup tinggi. Sebab, 3 tower di proyek tersebut telah terjual habis sebanyak 4.400 unit.

Marketing Manager Podomoro Golf View Ferdynand Sadrach mengatakan pihaknya akan kembali menghadirkan Apartemen 3 Bedroom pada Tower Ekki yang menyasar para keluarga urban produktif.

“Tower Ekki menghadirkan tipe 3 Bedroom yang sangat cocok untuk pasangan muda atau keluarga baru yang menginginkan hunian berkualitas untuk tumbuh kembang putra-putrinya,” jelas Ferdynand.

Unit 3 Bedroom ini ditawarkan dengan sangat terbatas, hanya empat unit di setiap lantai. Adapun fasilitas yang didapat yakni keamanan 24 jam, co-working space, green roof parking, entertainment lounge, high-speed wifi, gym & yoga center, hingga adventure arena untuk anak.

Tak hanya itu, tipe 3 Bedroom Tower Ekki juga makin eksklusif karena memiliki jendela di tiap kamar, balcony di living area, pemandangan Gunung Salak, dan akses terdekat dengan lift.

Lebih lanjut, lokasi Podomoro Golf View berada tepat di depan exit tol Cimanggis KM 19 Tol Jagorawi, diapit oleh 2 akses tol dari Jakarta dan Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper