Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perhatian! Contra Flow di Tol Jakarta-Cikampek Mulai Hari Ini, Sabtu (24/12/2022)

Contra flow akan dilakukan dari KM 47 hingga KM 61 tol Jakarta-Cikampek. 
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated./Bisnis-Jasa Marga
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated./Bisnis-Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA- Korps Kepolisian Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow untuk mengurai kepadatan di Jala Tol Jakarta--Cikampek, hari ini, Sabtu (24/12/2022). 

Kepala Korlantas (Kakorlantas Polri) Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan bahwa pelaksanaan pemasangan rambu sudah dilakukan untuk menerapkan rekayasa lalu lintas tersebut.  Contra flow akan dilakukan dari KM 47 hingga KM 61 tol Jakarta-Cikampek. 

"Rencana persiapan CB [Cara Bertindak] CF [Contra Flow] dari KM 47 sd KM 61 tol Jakarta Cikampe. Saat ini sedang pelaksanaan pemasangan perambuan. Dum," ujarnya melalui pesan singkat, Sabtu (24/12/2022). 

Rekayasa lalu lintas itu dimulai pada pukul 09.39 WIB guna mengurai kepadatan yang terjadi saat arus mudik libur Natal 2022 dan tahun baru 2023. 

"Baru saja dibuka pukul 09.39. Dilaksanakan contra flow untuk urai kepadatan di tol Cikampek arah timur," lanjutnya. 

Adapun, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mencatat sebanyak 769.681 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada 18 Desember sampai dengan 22 Desember 2022 melalui empat gerbang tol utama yang ada di Pulau Jawa. 

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama yaitu GT Cikupa, GT Ciawi, dan GT Cikampek Utama, dan GT Kalihurip Utama. 

Dia menjelaskan total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 14,85 persen jika dibandingkan dengan lalin normal periode Juni 2022 dengan total 670.141 kendaraan. Namun, jika dibandingkan dengan periode Nataru 2021, total volume lalin masih lebih rendah 0,02 persen, dengan total 769.866 kendaraan.

"Jika dibandingkan dengan prediksi volume lalin Nataru 2022 pada periode yang sama, total volume lalin tersebut naik sebesar 3,09 persen dengan total 746.605 kendaraan," ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (23/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper