Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2022: Manuver Luhut Cs 'Suntik Mati' PLTU

Pemerintah makin serius menjalankan program pensiun dini PLTU. Berikut kilas balik perkembangan program pensiun dini PLTU batu bara sepanjang 2022.
Pemandangan PLTU Paiton 1 dan 2 dari sisi perairan utara Probolinggo. Istimewa/PLN
Pemandangan PLTU Paiton 1 dan 2 dari sisi perairan utara Probolinggo. Istimewa/PLN

Deretan PLTU yang Potensial Dipensiunkan Dini

Selain PLTU Cirebon-1, sejumlah PLTU diusulkan untuk dimasukan ke dalam rencana pensiun dini PLTU. 

PLTU Pelabuhan Ratu

PT PLN (Persero) menandatangani kesepakatan terkait pengalihan aset pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) miliknya ke PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) guna mempercepat pensiun dini pembangkit listrik berbasis batu bara tersebut.

Dalam sinergi tersebut, PLN dan PTBA menandatangani principal framework agreement (PFA) untuk percepatan pensiun dini PLTU Pelabuhan Ratu berkapasitas 3x350 megawatt (MW) pada acara SOE International Conference di Bali, Selasa (18/10/2022). PFA tersebut memuat persyaratan dan penjelasan terkait rencana struktur transaksi PLTU Pelabuhan Ratu antara PLN dan PTBA. 

Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN Hartanto Wibowo mengatakan, penandatanganan tersebut merupakan implementasi salah satu skema pensiun dini PLTU milik PLN, yakni spin-off dengan blended financing.

"Kami hari ini menandatangani PFA dengan PTBA untuk spin-off with blended financing. Kunci sukses skema ini adalah tingkat suku bunga pinjaman. Semakin rendah tingkat bunga pinjaman, makin cepat PLTU dipensiunkan sambil mencapai pengembalian yang acceptable bagi investor," ujar Hartanto.

PLTU Tanjung Jati B

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif bersama dengan pimpinan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) tengah membahas program pensiun dini PLTU Tanjung Jati B Unit 1-4 lewat skema penukaran pembangkit atau swapping dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan.

Pembahasan itu dilakukan di Kementerian ESDM sebagai tindaklanjut komitmen kedua negara untuk mengurangi emisi karbon lewat komitmen Asia Zero Emission Community (AZEC) yang disepakati pada pergelaran puncak G20 pertengahan November 2022 lalu.

“Ide swapping itu berasal dari mereka [JBIC] tapi kan sudah ada MoU antara PLN dengan Sumitomo untuk yang Kayan kira-kira seperti itu,” kata Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana saat ditemui selepas pertemuan itu di Kementerian ESDM, Jumat (25/11/2022).

Menurut Dadan, ide swapping PLTU Tanjung Jati B Unit 1-4 yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah ke PLTA Kayan yang berada di Bulungan, Kalimantan Utara itu masih dalam tahap pembahasan konseptual dan teknis.

Secara prinsip, Dadan mengatakan, skema swapping itu dapat mengurangi kapasitas PLTU batu bara yang saat ini berlebih di Pulau Jawa. Apalagi kedua pembangkit itu sama-sama dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang, Sumitomo Corporation bekerja sama dengan PLN.

PLTU Paiton

Kementerian ESDM mengusulkan PLTU Paiton masuk ke dalam proyek pensiun dini pembangkit batu bara selanjutnya lewat skema Just Energy Transition Partnership atau JETP.

“PLN kemarin sudah mengusulkan PLTU Cirebon kemudian Pelabuhan Ratu, kita juga kan mengusulkan yang Paiton tapi itu usulan berdasarkan angka ya, ada pilihan-pilihan lainnya berdasarkan kinerja dan sistemnya,” kata Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana saat ditemui Bisnis di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Dadan mengatakan, kementeriannya telah menghimpun 33 PLTU yang bakal dipensiunkan dini lewat skema pendanaan global mendatang. Selain lewat kerangka energy transition mechanism (ETM) yang disokong sebagian besar dari bank pembangunan, JETP turut menjadi opsi pembiayaan murah yang bisa diambil pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper