Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Nataru, Korlantas Cek Pengamanan Jalur Lalu Lintas dari Udara

Korlantas melakukan patroli melalui pantauan udara ke jalur lalu lintas tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan dengan menggunakan Helikopter jenis AW189/P-7002.
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Korlantas Polri kembali melakukan pengecekan kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Kakorlantas Irjen. Pol. Firman Shantyabudi menjelaskan patroli dilakukan melalui pantauan udara ke jalur lalu lintas tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan dengan menggunakan Helikopter jenis AW189/P-7002.

Pantauan arus lalu lintas dari udara dilakukan guna mempersiapkan strategi dan pola pengamanan di titik-titik perbatasan, baik antar provinsi maupun antar Kabupaten Kota jelang Nataru 2022/2023. Firman menjelaskan, meskipun masih ada sejumlah pekerjaan terkait dengan

perapian di beberapa titik, tetapi tol tersebut sudah dinyatakan layak dilalui. Menurutnya

ruas tol Cisumdawu yang rencananya akan dibuka jelang libur Nataru ini bisa menjadi alternatif masyarakat melakukan perjalanan.

“Dua titik yang akan kita kerjakan, pertama tadi kita sudah melihat tol di Cisumdawu.Yang kedua, untuk Japek Selatan, karena menurut informasi dua jalur tol ini akan difungsikan pada saat pengamanan Natal dan Tahun Baru," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (16/12/2022).

Menurutnya, ada beberapa keuntungan yang bisa disampaikan dari hasil survei ini, yaitu bagaimana bisa melihat keterhubungan dari mulai masyarakat yang nanti akan keluar tol. Kemudian, bagaimana jalur arteri bisa menerima arus lalu lintas ini dengan baik.

Sebelumnya, Jasa Raharja, Korlantas Polri, beserta stakeholder terkait, juga telah melakukan pengecekan Operasi Lilin 2022 jelang Libur Nataru di Rest Area KM 68

Serang, Pelabuhan Merak, Banten dan Pos Gadog, Pos Lantas Cikopo, Pos Terpadu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, dan Pos Polisi Karanglo Malang, Jawa Timur.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengatakan, Jasa Raharja bersama Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan,

dan instansi terkait, terus berkoordinasi secara intens guna mewujudkan kesuksesan

pengamanan Nataru tahun ini. “Dengan demikian, diharapkan momen tahunan ini bisa terlaksana dengan lancar, aman, dan yang paling penting para masyarakat bisa selamat sampai tujuan,” katanya.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyiapkan penambahan satu ruas jalan tol pada periode libur Natal dan Tahun Bar untuk mengantisipasi macet. Ruas yang akan dibuka adalah Japek Selatan atau Jalan Tol Jakarta-Cikampek II.Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan perseroan bakal memfungsikan lajur tambahan secara situasional.Baik arah Cikampek maupun arah Jakarta (dari tiga lajur menjadi empat lajur) mulai KM 50 hingga KM 67 sepanjang 16,3 KM serta mempersiapkan pengoperasian fungsional Japek II Selatan (Sadang hingga Kutanegara) sepanjang 8,5 KM.

Direktur Utama Japek II Selatan Charles Lendra menjelaskan jalan tol ini baru kelar sebagian pembangunannya. Artinya, meskipun siap untuk digunakan, belum tentu jalan tol tersebut dibuka penuh. Pembukaan jalan tol akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi jalan bebas hambatan eksisting. Jasa Marga juga akan melihat kondisi kepadatan di Jalan Tol Japek dan Gerbang Tol Kalihurip Utama. Japek Selatan dibuka tidak seterusnya, hanya situasional. Itu tergantung dari Japek yang existing dan juga antrean di Gerbang Kalihurip Utama. Charles melanjutkan, Japek Selatan akan dioperasikan seandainya kemacetan di gerbang jalan tol eksisting mencapai lebih dari 3-5 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper