Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Dubes AS Ajak Indonesia Bantu Selesaikan Krisis di Myanmar

AS mengungkapkan kudeta militer Myanmar pada awal tahun lalu merupakan serangan yang tidak dapat diterima oleh demokrasi.
Asahi Asry Larasati
Asahi Asry Larasati - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  00:19 WIB
Dubes AS Ajak Indonesia Bantu Selesaikan Krisis di Myanmar
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim dalam konferensi pers di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2022). - Bisnis - Ni Luh Anggela.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Sung Yong Kim mengungkapkan tertarik untuk mengajak pemerintah Indonesia bekerjasama sebagai ketua Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Asean) guna menyelesaikan masalah krisis Myanmar.

AS mengungkapkan kudeta militer Myanmar pada awal tahun lalu merupakan serangan yang tidak dapat diterima oleh demokrasi di Myanmar. Meskipun belum menyiapkan tindakan khusus, Kim menilai peran Indonesia sangat penting untuk menyelesaikan krisis kemanusiaan tersebut.

Kim menilai sampai saat ini belum adanya kemajuan konsensus lima butir seharusnya merendahkan setiap anggota Asean. Bahkan ada salah satu anggotanya yang mengabaikan Asean secara kolektif.

"Jadi besar harapan kami untuk bisa mengubah situasi ini dan Indonesia bisa turut bekerja sama," jelas Kim di Kedutaan Besar AS di Jakarta Pusat, dikutip Kamis (8/12/2022).

Seperti diketahui, Myanmar dilanda krisis junta militer pada awal tahun yang mengulingkan pemerintah sipil terpilih oleh yang dipimpin oleh peraih Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi. Gerakan perlawanan bersama pasukan bersenjata, muncul di sejumlah wilayah di Myanmar. Tetapi junta militer melawannya dengan kekuatan mematikan.

Indonesia yang menerima tongkat estafet kepemimpinan Asean dari Kamboja dipercaya mampu mengubah ASEAN menjadi kawasan yang lebih stabil dan aman.

Dubes Kim menilai bahwa AS dan Asean secara kolektif sudah memiliki kemitraan strategis yang komprehensif. Bersamaan dengan Presidensi Indonesia di Asean, Kim menyebut AS ingin memastikan masalah penting menjadi perhatian kawasan dan sekitarnya, sekaligus membuka kemajuan yang tertunda di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, besar harapan perwakilan AS bisa bekerja sama dengan Indonesia untuk mengatasi masalah di Myanmar bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dubes as kedubes as myanmar
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top