Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sri Mulyani: DKI Dapat Hibah Jalan Nasional dari PUPR Senilai Rp217 Triliun

Kementerian PUPR telah menyerahkan BMN berupa aset jalan kepada Pemda DKI Jakarta senilai Rp217 triliun.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  20:42 WIB
Sri Mulyani: DKI Dapat Hibah Jalan Nasional dari PUPR Senilai Rp217 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan paparan tentang arah kebijakan Pemerintah pada 2023 dan perkembangan ekonomi terkini saat wawancara dengan Redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Selasa (25/10/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan aset barang milik negara (BMN) berupa jalan nasional di DKI Jakarta telah dihibahkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp217 triliun kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengatakan infrastruktur yang dibangun oleh PUPR menggunakan APBN tidak selamanya menjadi BMN pemerintah pusat. Setiap tahun, BMN tersebut akan dihibahkan ke pihak yang memiliki tanggung jawab untuk memanfaatkan BMN dengan baik.

"Tadi saya sampaikan Rp217 triliun sendiri jalan raya yang diserahkan kepada pemerintah DKI Jakarta sebagai asetnya Pemda," kata Sri Mulyani kepada wartawan, Rabu (7/12/2022).

Sri Mulyani menegaskan, penyerahan BMN ke Pemda atau Kementerian/Lembaga bukan berarti downgrade atau turun dari sisi kualitas, melainkan dipindahkan kepemilikannya.

"Memang jalan itu lebih relevan dari sisi apakah traffic dan fungsinya dikelola oleh Pemda dan itu kemudian dihibahkan oleh pak Basuki ke Pemda seperti yang terjadi pada tahun ini, di mana Kementerian PUPR melakukan hibah yang sangat besar kepada DKI dalam bentuk jalan raya," ujarnya.

Adapun, hari ini, Kamis (7/12/2022) Kemenkeu dan Kementerian PUPR telah melakukan serah terima BMN senilai Rp19,08 triliun yang terdiri dari BMN alih status kepada K/L senilai Rp1,4 triliun dan untuk dihibahkan kepada Pemda/Yayasam/Perguruan Tinggi senilai Rp17,6 triliun.

Sebelumnya, serah terima BMN tahap I telah dilakukan pada 29 Maret 2022 lalu. Total nilai BMN yang telah diserahkan saat itu sebesar Rp222,58 triliun. BMN tersebut terdiri dari BMN yang dihibahkan sebesar Rp221,58 triliun dan BMN yang dialihstatuskan penggunaannya sebesar Rp1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan nasional dki jakarta sri mulyani barang milik negara
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top