Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jokowi Berjanji Bangun Dayak Center di IKN

Presiden Jokowi memastikan akan memenuhi permintaan Suku Dayak untuk membuat Dayak Center di IKN Nusantara.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 30 November 2022  |  14:15 WIB
Jokowi Berjanji Bangun Dayak Center di IKN
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (25/10/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) disebut akan segera menentukan lokasi untuk pembangunan Dayak Center di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal ini dilakukan atas permintaan Suku Dayak sekaligus ungkapan terima kasih Jokowi kepada suku Dayak yang telah mendukung penuh pembangunan ibu kota baru.

"Nanti juga atas permintaan dari suku Dayak, ada Dayak Center juga akan segera ditentukan lokasinya," kata Jokowi dalam keterangan resminya, Rabu (30/11/2022).

Untuk membangun prasaran tersebut, pihaknya masih mengupayakan percepatan pembangunan infrastruktur di kawasan inti IKN Nusantara. Sebelumnya, berbagai infrastruktur telah mulai di bangun.

Salah satunya yakni penyuplai air baku ke IKN yang disebut akan rampung pada Januari 2023 mendatang. Adapun, pembangunan gedung pemerintahan mulai dari kementerian hingga istana presiden dan wakil presiden akan dimulai Desember 2022.

"Yang berkaitan dengan pembangunan Kementerian, Istana Presiden dan Wakil Presiden juga [akan dimulai], ini bulan Desember sudah dimulai," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Suku Dayak Kenyah yang merupakan suku asli Pulau Kalimantan menyampaikan dukungan penuh atas rencana pemerintah membangun IKN di wilayah Kaltim.

Tim Jelajah Bisnis sempat menemui Kepala Adat Suku Dayak Kenyah Esrom Palan pada tahun lalu. Dia mengatakan tidak ada keraguan untuk mendukung mega proyek tersebut.

"Tetapi di dalam perpindahan itu yang kami harap benar-benar orang Dayak itu diperhatikan. Prinsip-prinsip sebagai anak bangsa ini, menganggap kita semua sama," jelasnya saat ditemui di Desa Budaya Pampang, Samarinda.

Di samping itu, Pemerintah juga berupaya agar warga Kaltim tidak hanya menjadi penonton, melainkan ikut terlibat langsung dalam setiap pembangunan pusat pemerintahan di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN ibu kota negara Jokowi dayak
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top