Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Alhamdulillah, Bandara Kertajati Akhirnya Dibuka Kembali untuk Umrah

Aktivitas penerbangan untuk umrah melalui Bandara Kertajati kembali dibuka setelah sempat dioperasikan pada 2018 dan 2020.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 November 2022  |  20:23 WIB
Alhamdulillah, Bandara Kertajati Akhirnya Dibuka Kembali untuk Umrah
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman. Alhamdulillah, Bandara Kertajati Akhirnya Dibuka Kembali untuk Umrah
Bagikan

Bisnis com, JAKARTA – Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akhirnya bisa kembali mulai melayani penerbangan umrah mulai Minggu 20 November 2022.

Mulai November 2022, penerbangan umrah, kembali dibuka di Bandara Kertajati oleh Garuda Indonesia menggunakan pesawat Airbus A330 dengan nomor penerbangan GA 902. Setelah sebelumnya, penerbangan umrah pernah dioperasikan dari Bandara Kertajati yakni pada 2018 dan 2020.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menyebutkan dengan dibukanya Bandara Kertajati untuk penerbangan umrah dapat mendukung kemudahan jemaah umrah asal Jawa Barat untuk berangkat ke Tanah Suci, ketimbang harus melalui Bandara Soekarno - Hatta di Jakarta.

“Kami berharap jemaah umrah asal Jawa Barat dapat merasa lebih nyaman dan lebih dekat melalui Bandara Kertajati untuk berangkat ke Tanah Suci. Seluruh aspek di Bandara Kertajati sudah dipersiapkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah umrah,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (20/11/2022).

Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid menuturkan dibukanya penerbangan umrah di Bandara Kertajati juga untuk mendukung Bandara Soekarno-Hatta.

Dia menjelaskan bahwa lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta saat ini tengah meningkat, termasuk penerbangan umrah yang mengalami naik signifikan. Dibukanya penerbangan umrah di Bandara Kertajati untuk melayani jemaah asal Jawa Barat, akan membantu operasional Bandara Soekarno-Hatta. Hal ini sejalan dengan konsep multi-airport system yang dijalankan AP II, di mana satu bandara dengan bandara lainnya saling mendukung dalam hal operasional dan pelayanan.

“Lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta saat ini tengah meningkat, termasuk penerbangan umrah yang mengalami peningkatan cukup signifikan. Dibukanya penerbangan umrah di Bandara Kertajati untuk melayani jemaah asal Jawa Barat, akan membantu operasional Bandara Soekarno-Hatta," terangnya.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keselamatan dan Konektivitas Menteri Perhubungan Maria Kristi November 2022 menjelaskan bahwa penerbangan umrah kembali dibuka di Bandara Kertajati oleh Garuda Indonesia menggunakan pesawat Airbus A330 dengan nomor penerbangan GA 902.

Lebih lanjut, Maria menuturkan potensi jemaah umrah asal Jawa Barat dalam 1 musim (8 bulan) dapat mencapai 70.000 orang.

Direktur Operasi Garuda Indonesia Tumpal Manumpak Hutapea menuturkan penerbangan langsung Bandara Kertajati - Jeddah ini diharapkan dapat menjadi solusi perjalanan yang optimal sehingga dapat meningkatkan antusiasme masyarakat Jawa Barat dalam merencanakan perjalanan ibadah yang nyaman.

Penerbangan langsung Bandara Kertajati - Jeddah yang terkoneksi dengan penerbangan Jakarta - Jeddah ini kami operasikan dengan pesawat Airbus 330 - 300 dengan nomor penerbangan GA 902 dan mengangkut kurang lebih 224 jemaah, yang berangkat dari Bandara Kertajati pukul 13.45 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umrah bandara kertajati penerbangan Garuda Indonesia garuda
Editor : Yustinus Andri DP
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top