Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Total Eren & Adaro Pasok Listrik Tenaga Angin ke PLN, Termurah Dalam Sejarah

Penawaran harga jual listrik proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tanah Laut, Kalimantan Selatan, menjadi yang termurah dalam pengembangan PLTB di RI.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 16 November 2022  |  15:33 WIB
Total Eren & Adaro Pasok Listrik Tenaga Angin ke PLN, Termurah Dalam Sejarah
Penandatanganan Letter of Intent Proyek PLTB Tanah Laut 70 MW antara PLN dengan konsorsium Total Eren dan PT Adaro Power di Bali, pada Selasa, (15/11/2022) - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Total Eren dan PT Adaro Power memenangkan tender pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tanah Laut, Kalimantan Selatan, berkapasitas 70 megawatt (MW). Konsorsium tersebut terpilih setelah memberikan penawaran harga jual beli listrik terendah kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

Penawaran itu menjadi yang terendah dalam sejarah pembangunan PLTB di Indonesia. Dalam pembangunan PLTB di Sidrap, penawaran harga terendah adalah sebesar US$11 sen per kWh. Kemudian, PLTB Jeneponto turun lagi sebesar US$10 sen per kWh.

Sementara itu, penawaran konsorsium Total Eren dan Adaro Power untuk PLTB Tanah Laut itu mencapai US$5,5 sen per kWh. 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan letter of intent (LoI) oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Managing Director Australia & Indonesia Total Eren Kam Tung Ho, dan Direktur PT Adaro Power Mustiko Bawono, serta disaksikan oleh Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (Adaro) Garibaldi Thohir di Bali, pada Selasa, (15/11/2022).

"Penetapan pemenang sebagai pengembang proyek merupakan salah satu milestone penting untuk menuju tahapan selanjutnya, yaitu penandatanganan Perjanjian Jual Beli Listrik (PJBL) dan financial close," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui siaran pers, Rabu (16/11/2022).

Darmawan mengatakan, PLN terus mendorong target net zero emission pada 2060 mendatang. Adapun, potensi angin yang cukup besar di Tanah Laut, Kalimantan Selatan bakal dimaksimalkan pemanfaatannya dengan pembangunan PLTB.

PLTB dengan kapasitas 70 MW yang dilengkapi dengan sistem penyimpanan energi baterai atau battery energy storage system (BESS) sebesar 10 MWh ini ditargetkan dapat memperkuat pasokan listrik di sistem interkoneksi Kalimantan pada 2024.

Kehadiran PLTB Tanah Laut diharapkan dapat berperan dalam mengurangi emisi CO2 sebesar 220.000 ton per tahun dan berkontribusi dalam pencapaian target pengurangan emisi CO2 secara nasional sebesar 34,8 persen.

Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Adaro) Garibaldi Thohir mengatakan, Adaro terus berupaya melakukan transformasi dan tumbuh menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

“Proyek ini menunjukkan komitmen kami dalam membangun Adaro yang lebih hijau melalui pilar Adaro Green, yang fokus pada pengembangan berbagai sumber energi baru terbarukan,” kata Garibaldi.

Sementara itu, Direktur PT Adaro Power Mustiko Bawono mengataka, Adaro Power dan mitra, Total Eren, bersyukur telah berhasil memenangkan proyek PLTB Tanah laut dengan kapasitas 70 MW.

“Dengan dukungan dan kerja keras dari instansi finansial serta mitra kontraktor dan pabrikan, kami berharap bahwa proyek strategis ini dapat mendukung Pemerintah dan PLN mencapai target bauran energi baru terbarukan di Indonesia,” kata Mustiko.

Selain itu, Managing Director Total Eren Australia & Indonesia Kam Tung Ho menuturkan, pihaknya menilai positif kesempatan yang diberikan PLN untuk pengembangan PLTB Tanah Laut tersebut.

Tatal Eren memiliki aset energi baru terbarukan mencapai 3,7 gigawatt (GW) yang telah beroperasi atau sedang dalam masa konstruksi secara global hingga saat ini. Khusus kawasan Asia-Pasifik, Total Eren memiliki lebih dari 1,1 GW proyek pembangkit listrik tenaga angin dan surya.

"Kami sangat menantikan dimulainya pembangunan PLTB Tanah Laut. Total Eren telah menginisiasi pengembangan proyek ini selama 7 tahun terakhir dengan proses tender yang kompetitif,” kata Kam Tung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

adaro garibaldi thohir ebt PLN
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top