Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda dan Etihad Buka Rute Penerbangan Codeshare, Ini Benefitnya

Garuda Indonesia dan Etihad kembali buka rute penerbangan codeshare yang dinilai memiliki banyak benefit.
Garuda Indonesia/istimewa
Garuda Indonesia/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) bersama dengan maskapai nasional Uni Emirat Arab, Etihad Airways memperluas kerja sama untuk layanan penerbangan codeshare usai penandatanganan nota kesepahaman dalam Uni Arab Emirates (UAE) Indonesia Business Investment and Networking B20 Forum yang merupakan rangkaian dari gelaran Presidensi G20 di Bali.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menilai perluasan jaringan penerbangan codeshare dengan Etihad bisa ikut mendorong penguatan ekosistem pariwisata nasional secara berkelanjutan selaras dengan potensi kunjungan wisatawan mancanegara yang semakin menjanjikan pada masa pemulihan pandemi.

Didukung konektivitas layanan Garuda dari hub penerbangan Jakarta, nantinya penumpang Etihad dapat menuju ke berbagai destinasi di Indonesia termausk menuju wilayah Indonesia Timur.

“Adanya inisiatif rute penerbangan codeshare diharapkan dapat membawa nilai tambah layanan bagi penumpang Garuda baik dari segi kenyamanan dan kemudahan untuk menuju destinasi di berbagai belahan benua lainnya,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (15/11/2022).

Sejalan dengan fokus Pemerintah Indonesia yang tengah mempercepat pemulihan nasional melalui momentum optimalisasi iklim investasi Indonesia, dia pun berharap adanya kerja sama Garuda dan Etihad akan membawa pengaruh positif terhadap penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan UAE. Hal itu termasuk mengoptimalkan berbagai peluang yang tersedia di Indonesia khususnya untuk menghadapi tantangan dinamis di tahun-tahun yang akan datang.

Aksesibilitas konektivitas udara, saat ini juga menjadi salah satu hal yang krusial bagi Indonesia sebagai negara kepulauan dengan total lebih dari 17.000 pulau.

Dengan kesepakatan penandatanganan MoU kali ini, nantinya para penumpang Etihad Airways dapat melanjutkan perjalanan menuju ke sejumlah wilayah di Indonesia Timur, di antaranya Ambon, Biak, Jayapura, Gorontalo, Kendari, Kupang, Lombok, Merauke, Palu, dan Timika dengan menggunakan penerbangan Garuda. Sementara itu, penumpang Garuda dapat melakukan perjalanan menuju Amerika Serikat seperti Chicago, New York, dan Washington serta menuju Istanbul, Turki dari Abu Dhabi menggunakan penerbangan Etihad Airways.

Ketersediaan rute tersebut makin melengkapi jaringan rute penerbangan codeshare Garuda dan Etihad yang telah terjalin sejak 2012 yang meliputi wilayah Indonesia, Asia Tenggara, Eropa, hingga Timur Tengah.

Adapun Garuda dan Etihad turut memperkuat sinerginya dengan menjalin kerja sama pada program frequent flyer yang memungkinkan penumpang dari masing-masing maskapai untuk mendapatkan maupun menukarkan poin loyalitas dan reward tiket mereka pada saat menggunakan penerbangan codeshare.

Irfan mengharapkan ke-depannya kerja sama antara Garuda dan Etihad ini tidak hanya berfokus pada angkutan penerbangan komersial melainkan akan turut mengembangkan lini bisnis kargo, layanan maintenance-repair-overhaul (MRO), serta program pelatihan untuk awak di tengah tumbuh pesatnya aktivitas penerbangan internasional di masa transisi menuju endemi saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper