Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demi Kemanan Biden Cs di G20, Tiga Kapal Siaga di Perairan Benoa

Pemerintah menyiagakan 3 kapal di perairan Benoa untuk menunjang keamanan KTT G20 di Bali.
Logo dan tema G20 Indonesia 2022
Logo dan tema G20 Indonesia 2022

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiagakan sebanyak 3 kapal negara di perairan Benoa, Bali guna mendukung keselamatan dan keamanan kegiatan KTT G20 yang dihadiri sejumlah kepala negara termasuk Presiden AS Joe Biden.

Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha menjelaskan ketiga kapal negara tersebut adalah dua kapal negara Navigasi yaitu Kapal KN. Nusa Penida dan Kapal KN. Mizan serta satu kapal negara patroli KPLP, KNP. Chundamani.

“Kita siagakan 2 kapal navigasi, VTS dan SROP di Pelabuhan Benoa untuk monitoring keselamatan pelayaran di Perairan Alur Benoa dan TSS Selat Lombok. Kami juga kapal KPLP yaitu KN.P Chundamani peningkatan pengawasan dengan melakukan patroli,” jelasnya melalui keterangan resmi, Senin (14/11/2022).

Selain itu, Ditjen Perhubungan Laut menyiapkan infrastruktur yang ada seperti VTS Distrik Navigasi Kelas II Benoa dan dermaga Pelabuhan Benoa menyambut kapal negara asing atau militer asing yang ingin berlabuh.

Dia menyebutkan bahwa kapal negara atau militer asing sebelum berlabuh di Pelabuhan Benoa, kapal-kapal tersebut harus melakukan pengisian data di aplikasi E-CAIT (Clearance Approval for Indonesian Territory).

Selain itu, dengan beroperasinya Pelabuhan Sanur yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dapat mempermudah delegasi-delegasi G20 yang ingin berkunjung ke Nusa Penida.

Sebagai informasi, Pelabuhan Sanur yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada 9 November 2022 sudah beroperasi, para delegasi KTT G20 dan wisatawan yang ingin ke Nusa Penida sudah dapat dilayani melalui pelabuhan tersebut.

Lalu, untuk memonitor setiap pergerakan, Ditjen Perhubungan Laut mendirikan Poskodal di Pelabuhan Benoa dimana KSOP Kelas II Benoa bertindak sebagai On Scene Comannder yang beranggotakan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh wilayah Bali dan sekitarnya serta Pangkalan PLP Tanjung Perak.

“Poskodal sudah ada di Pelabuhan Benoa, di Poskodal tersebut kita kumpulkan informasi-informasi yang penting dari seluruh UPT di wilayah Bali untuk kelancaran KTT G20,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper