Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sri Mulyani Ajak Anggota G20 Siapkan Dana Darurat Pandemi

Sri Mulyani mengajak menteri para anggota G20 untuk menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi jika terjadi pandemi selanjutnya.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 12 November 2022  |  19:16 WIB
Sri Mulyani Ajak Anggota G20 Siapkan Dana Darurat Pandemi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan paparan tentang arah kebijakan Pemerintah pada 2023 dan perkembangan ekonomi terkini saat wawancara dengan Redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Selasa (25/10/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG — Presidensi Indonesia mengajak para menteri keuangan dan menteri kesehatan negara-negara anggota G20 untuk turut menyiapkan dana darurat jika terjadi pandemi selanjutnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam pidato sambutan Pertemuan Kedua Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan (2nd JFHMM) yang berlangsung pada Sabtu (12/11/2022) petang.

Dia menjelaskan bahwa Indonesia melanjutkan mandat Presidensi G20 Italia untuk melanjutkan pembahasan reformasi arsitektur kesehatan global. Dunia harus lebih siap jika menghadapi risiko pandemi selanjutnya.

Sri Mulyani berkaca dari wabah cacar monyet (monkeypox) yang menyebar dengan cepat. Terkait pandemi selanjutnya, dunia jangan fokus pada pengandaian jika itu terjadi, tetapi kapan akan terjadi, sehingga perlu persiapan.

Salah satu langkah signifikan dalam mempersiapkan diri terhadap ancaman pandemi selanjutnya adalah dengan membentuk Financial Intermediary Fund for Pandemic Preparedness.

“Saya yakin anda akan setuju, bahwa kita harus menyiapkan pandemic preparedness [fund], terutama dalam financing gaps yang kita identifikasi belakangan ini,” ujar Sri Mulyani pada Sabtu (12/11/2022)

Dia pun mengajak negara-negara G20 untuk memperkuat koordinasi antara sektor keuangan dan kesehatan. Salah satu usulan Indonesia adalah agar memperkuat kelompok kerja (taskforce) keuangan dan kesehatan dengan kerja lintas tahun.

“Ini pertanyaan krusial untuk memastikan kita memiliki strategi jangka menengah dan panjang untuk merespons pandemi di masa depan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 KTT G20 sri mulyani menkeu
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top