Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transformasi Digital Bantu UMKM Hadapi Dampak Krisis Global

Forum DEWG menilai transformasi digital bisa membantu UMKM agar lebih resiliensi menghadapi dampak krisis global.
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id

Bisnis.com, BADUNG - Digital Transformation Expo (DTE) dalam rangkaian G20 diharapkan dapat membantu mengembangkan tata kelola digital sehingga tangguh menghadapi ancaman krisis global akibat pandemi.

Alternate Chair Digital Economy Working Group (DEWG) Dedy Permadi mengatakan di Indonesia sendiri pasca pandemi Covid-19 terlihat adanya transformasi digital di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) yang mencatatkan pertumbuhan digital signifikan.

"Kalau kita mau lihat data terkait UMKM go online, sangat konkret bahwa transformasi digital bisa membawa resiliensi dan membawa peluang-peluang ketika terjadi kontraksi ekonomi dengan pembatasan sosial. Transformasi digital jadi solusi untuk bertahan," katanya dalam konferensi pers penyelenggaraan Digital Transformation Expo (DTE), Sabtu (12/11/2022).

Dia menuturkan jumlah UMKM di Indonesia sekitar 64 juta yang berkontribusi sekitar 60 persen PDB Indonesia. Selama pandemi Covid-19, banyak UMKM yang mengalami keterpurukan namun dengan cepat beralih dan menyesuaikan diri ke dunia digital.

Dedy menambahkan sebelum pandemi Covid-19, UMKM yang sudah digitaly onboard berjumlah 9 juta. Jumlah ini meningkat setelah pandemi menjadi 19 juta UMKM.

“Ini menunjukkan UMKM kita sebagian sudah bisa memanfaatkan potensi trasformasi digital untuk bertahan di tengah pandemi,” katanya.

Meski demikian, kata Dedy, Indonesia masih perlu terus berjuang karena masih banyak UMKM yang belum digitaly onboard. Jika melihat angka 19 juta dari total UMKM 64 juta, maka baru 29 persen UMKM yang digitaly onboard.

Secara konkret, Indonesia perlu menggarap sekitar 71 persen UMKM lainnya untuk bisa memanfaatkan peluang-peluang di ruang digital. Untuk itu, Indonesia perlu mendiskusikan dan mencarikan solusi di forum G20 guna meningkatkan angka digitalisasi dunia UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper