Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Api Pertama di Sulawesi Mulai Beroperasi, Ini Jadwal dan Rutenya!

Kereta api pertama di Sulawesi yakni jalur Makassar-Parepare telah dioperasikan secara terbatas untuk publik.
Suasana pembangunan rel dan infrastruktur kereta api Sulawesi Selatan dalam proses pembangunan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (28/6/2022). Bisnis/Paulus Tandi Bone
Suasana pembangunan rel dan infrastruktur kereta api Sulawesi Selatan dalam proses pembangunan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (28/6/2022). Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Kereta api pertama di Sulawesi yakni jalur Makassar-Parepare telah dioperasikan secara terbatas untuk publik. Masyarakat bisa menggunakan moda transportasi itu untuk lintas Stasiun Garongkong-Stasiun Mangilu tanpa dipungut biaya selama masa uji coba.

Masyarakat Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep kini sudah bisa mencoba menggunakan Kereta Api (KA) Andalan Celebes untuk rute Stasiun Garongkong-Stasiun Mangilu, dan KA Lontara untuk arah sebaliknya Stasiun Mangilu-Stasiun Garongkong. 

Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulmafendi menyebut jalur kereta api tersebut merupakan salah satu jalur KA di Indonesia yang menggunakan lebar jalur rel standar (standard gauge) dengan lebar 1.435 mm. 

"Dengan lebar jalur tersebut, kereta api di Sulawesi ini akan mampu melesat lebih cepat dan lebih nyaman daripada kereta api di Pulau Jawa," kata Zulmafendi pada saat peninjaun uji coba pengoperasian terbatas jalur KA Makassar-Parepare, dikutip dari siaran pers, Minggu (30/10/2022).

Di samping itu, Zulmafendi menyebut jalur kereta api Makassar-Parepare memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Pemandangan di sepanjang jalur dinilai akan menjadi daya tarik wisata tersendiri.

"Belum lagi banyak kawasan wisata seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe, hingga Wisata Mangrove Dewi Biringkassi," ujarnya.

Ke depan, Stasiun Rammang-Rammang yang sangat dekat dengan obyek wisata Geopark Rammang-Rammang juga akan segera dioperasikan. Untuk itu, kehadiran jalur KA tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah wisatawan di Sulawesi Selatan.

Pada tahap awal uji coba pengoperasian terbatas, sepanjang 66 kilometer (km) jalur KA akan dilalui oleh kereta yang dapat diakses masyarakat melalui tujuh stasiun yang mencakup Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rang, Stasiun Labakkang, dan Stasiun Mangilu.

Zulmafendi mengatakan masyarakat bisa langsung menuju stasiun-stasiun tersebut selama uji coba pengoperasian terbatas ini jika ingin mencoba naik KA Andalan Celebes maupun KA Lontara.

Uji coba operasi KA Andalan Celebes dan KA Lontara akan dilakukan masing-masing satu kali setiap hari dan berangkat pukul 10.18 WITA dari Stasiun Garongkong dan pukul 16.05 WITA dari Stasiun Mangilu.

Calon penumpang diharapkan dapat melaporkan data diri kepada petugas stasiun berupa nama, alamat, nomor telepon, dan kesan/pesan selama mengikuti kegiatan uji coba operasi. 

"Semoga masyarakat dapat mencoba dan mengenal moda transportasi kereta api ini sehingga dapat menjadi kebanggaan warga Sulawesi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper