Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

100.000 Orang Padati Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional

Pada periode 2021-2022, tercatat sebanyak 526.033 pencari kerja, sedangkan lowongan kerja yang tersedia hanya 135.078 posisi di lebih dari 9.000 perusahaan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 30 Oktober 2022  |  13:51 WIB
100.000 Orang Padati Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di acara Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (30/10/2022) - Annasa Rizki Kamalina
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan menggelar "Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional" di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, mulai dari 28 Oktober hingga 30 Oktober 2022. Tercatat jumlah pengunjung mencapai 100.000 orang.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan jumlah tersebut terdiri atas alumni pendidikan dan pelatihan vokasi, mahasiswa, instruktur, dosen dan guru, praktisi pelatihan, asosiasi profesi/asosiasi industri, pemerhati pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, serta masyarakat umum.

"Animo masyarakat luar biasa yang mendaftarkan untuk mengikuti kegiatan ini lebih dari 100.000 [orang]," kata Ida di JCC Senayan, Minggu (30/10/2022).

Menurutnya, animo yang tinggi tersebut menunjukkan masyarakat ingin melihat langsung bagaimana kesiapan pemerintah dalam menyiapkan kompetensi bagi masyarakat.

"Pemerintah menyiapkan kompetensi bagi masyarakat, baik bagi masyarakat yang membutuhkan skilling, upskilling, atau reskilling," ucapnya.

Pemerintah melalui Kemenaker telah melakukan berbagai inovasi guna menjawab otomasi dan digitalisasi. Berdasarkan data yang dimilikinya, banyak perusahaan yang kesulitan mencari pekerja yang memiliki kompetensi terkait digital.

"Maka kami ingin mengajak kepada masyarakat bahwa kami siap menghadapi digitaliasi. Temen-temen [media] bisa melihat sendiri Inovasi-inovasi yang kami lakukan [di pameran festival pelatihan vokasi ini]," ucapnya.

Berdasarkan data dalam dashboard pusat pasar kerja Kemenaker 2021-2022, pada periode tersebut tercatat ada 526.033 pencari kerja, sementara lowongan kerja yang tersedia hanya 135.078 posisi di lebih dari 9.000 perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja pekerjaan Kemnaker job fair
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top