Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

9 Tips Menabung Saat Resesi, Demi Masa Pensiun Terjamin

Ada beberapa tips keuangan saat menabung yang bisa Anda terapkan saat resesi ekonomi.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 20 Oktober 2022  |  12:13 WIB
9 Tips Menabung Saat Resesi, Demi Masa Pensiun Terjamin
Ilustrasi resesi ekonomi global 2023 - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang resesi, setiap orang wajib mengatur keuangan agar tidak terkena dampak dari krisis global.

Biaya hidup di masa resesi saat ini semakin tinggi, sebab barang-barang kebutuhan pokok semakin naik. Inflasi pun merangkak naik dan menggerus harga pangan.

Simak 9 tips menabung saat resesi, agar aman saat masa pensiun:

1. Buat daftar anggaran

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat catatan anggaran. Catatan ini hanyalah perkiraan pendapatan dan pengeluaran Anda untuk jangka waktu tertentu.

Tuliskan secara rinci semua sumber pendapatan dan jumlah pengeluaran biaya bulanan tetap. Dengan begitu, sisa uang yang tidak terpakai akan terlihat. 

Nantinya dana sisa ini dapat dipisahkan untuk ditabung. Simpan di tempat yang aman dan jangan digunakan apabila tidak begitu diperlukan.

2. Ketahui riwayat pengeluaran

Ketahuilah dengan baik kemana saja dan untuk apa uang Anda dikeluarkan setiap harinya. Buatlah daftar catatan pengeluaran harian untuk mengontrol kebiasaan berbelanja Anda.

3. Pindahkan dana penghasilan ke rekening lain

Jika memiliki dua rekening, secepat mungkin Anda dapat memindahkan hasil gaji yang diterima ke rekening tabungan lain.

Hal ini juga memungkinkan uang Anda terpotong karena bunga. Atur transfer otomatis dari rekening gaji Anda ke rekening tabungan lain. 

4. Hemat uang saat berbelanja

Perhemat uang Anda saat melakukan belanja bulanan. Usahakan tidak membeli barang yang tidak begitu penting selama masa resesi.

Kurangi nafsu belanja Anda apabila melihat pakaian dengan mode terbaru, barang elektronik yang baru rilis, ataupun makan di restoran mahal.

5. Cari pekerjaan sampingan

Jika memungkinkan, ada baiknya Anda dapat mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama. Hal ini dapat membantu Anda melunasi utang lebih cepat, meningkatkan skor kredit Anda, dan mengumpulkan tabungan untuk membeli kebutuhan penting seperti rumah atau mobil.

6. Pelajari perbedaan antara kebutuhan dan keinginan

Dalam upaya menghemat uang, cara yang paling efektif adalah dengan mempelajari perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan merupakan hal-hal yang diperlukan untuk bertahan hidup, sedangkan keinginan adalah hal-hal yang tidak masalah apabila tidak didapatkan dan hanya akan menimbulkan rasa senang setelah Anda memiliki barang tersebut.  untuk dimiliki. 

Sebagai contoh, manusia perlu makan tiga kali setiap hari. Namun, tidak harus makan dengan lauk yang mahal, cukup dengan makanan yang sederhana tetapi mengenyangkan.

7. Daftar asuransi kesehatan

Percaya atau tidak, tagihan medis bisa menyedot saldo bank Anda. Kondisi keuangan Anda dapat berubah dalam semalam jika Anda terjebak dalam keadaan darurat medis. 

Meskipun begitu, memiliki asuransi kesehatan dapat menyelamatkan Anda dan uang hasil jerih payah Anda. Perhatikan syarat pembayaran asuransi yang memiliki rasio penyelesaian klaim lebih tinggi dan cakupan jaringan rumah sakit yang baik. 

8. Investasi

Anda dapat membeli reksa dana, saham, emas, atau apa pun yang menghasilkan keuntungan lebih baik dari waktu ke waktu. 

Sebelum berinvestasi, Anda harus mencari tahu informasi mengenai cara berinvestasi. Pastikan dengan baik bahwa Anda sudah benar-benar memahami dan mengetahui bagaimana cara kerja investasi tersebut. Hal ini tentunya dilakukan agar Anda terhindar dari risiko kerugian besar.

9. Buat dana pensiun

Apabila tujuan Anda menabung untuk jaminan masa depan yang aman,  maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat dana pensiun tersendiri. 

Dana ini biasanya merupakan instrumen tabungan jangka panjang yang memberi Anda penghasilan tetap setelah pensiun pada saat jatuh tempo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Resesi resesi ekonomi tips keuangan menabung
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top