Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Tembus Rp102 Triliun? Ini Faktanya

Nilai 6 miliar poundsterling diperkirakan termasuk kerugian ekonomi karena dua hari libur bank di hari pemakaman Ratu Elizabeth dan penobatan Raja Charles.
Asahi Asry Larasati
Asahi Asry Larasati - Bisnis.com 20 September 2022  |  07:23 WIB
Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Tembus Rp102 Triliun? Ini Faktanya
Raja Charles III dan Camilla, Permaisuri Ratu berjalan di samping peti mati yang membawa Ratu Elizabeth II dengan Mahkota Negara Kekaisaran beristirahat di atasnya saat meninggalkan Westminster Abbey selama Pemakaman Negara Ratu Elizabeth II di London, Inggris, Senin (19/9/2022). Pool via REUTERS - Gareth Cattermole
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ratu Elizabeth II dimakamkan pada Senin (19/9/2022) di sebelah mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu di kompleks The King George VI Memorial Chapel. Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth terbilang paling mewah dibandingkan sebelumnya.

Meski tidak ada angka pasti terkait total biaya pemakaman Ratu Elizabeth II, sejumlah spekulasi bermunculan terkait biaya tersebut yang akan dibayarkan oleh negara.

Sebelumnya, beredar informasi di media sosial bahwa pemakaman Ratu Elizabeth menelan biaya 8 juta poundsterling atau RP136 miliar. Sementara itu, The India Times mengabarkan bahwa biaya pemakaman bisa mencapai 6 miliar pound sterling atau Rp102 triliun.

Lembaga independen pencari fakta Fullfact mengatakan belum ada informasi yang kredibel mengenai angka pasti. Tak satu pun dari estimasi di atas didasarkan pada perhitungan yang menyeluruh dan andal.

"Kami tidak bisa menemukan sumber terpercaya terkait biaya pemakaman sang ratu. Namun, kami melihat bukti yang baik mengenai prosesi pemakaman akbar pada waktu lalu, yang biayanya mencapai 8 juta poundsterling," tulis Fullfact dari situs resminya.

Fullfact juga menjelaskan, pemakaman sang Ratu dinilai lebih besar dan mewah dibandingkan sebelumnya sehingga bisa menghabiskan biaya lebih besar.

Adapun nilai fantastis sebesar 6 miliar poundsterling tersebut diperkirakan termasuk biaya kerugian ekonomi Inggris karena dua hari libur bank di hari pemakaman Ratu Elizabeth dan penobatan Raja Charles.

Namun, Fullfact mengatakan angka ini hampir pasti tidak mencerminkan biaya langsung dari acara pemakaman karena jumlahnya ratusan kali lebih besar daripada biaya pemakaman kerajaan sebelumnya.

Dilansir dari The Guardian, prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II dimulai dengan seremoni membawa jenazah Ratu Elizabeth II dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey.

Kemudian, Raja Charles III dan ketiga saudaranya berjalan di belakang peti jenazah yang dibawa menggunakan kereta meriam. Sebanyak 12 tentara dari unit dipilih untuk membawa peti mendiang Ratu Inggris.

Selain itu, keempat anak Ratu Elizabeth II, yakni Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, mengikuti di belakang peti dengan berjalan. Pangeran William dan Pangeran Harry, kedua anak Raja Charles III, juga ikut berjalan di belakang peti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ratu elizabeth inggris kerajaan inggris
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top