Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga CPO Turun, Siapa Ketiban Berkah?

Turunnya harga minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi berkah bagi produsen produsen barang konsumer.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 18 September 2022  |  21:11 WIB
Harga CPO Turun, Siapa Ketiban Berkah?
Pekerja mengumpulkan buah kelapa sawit di salah satu tempat pengepul kelapa sawit di Jalan Mahir Mahar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (26/4 - 2022). Antara / Makna Zaezar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Turunnya harga minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi berkah bagi produsen sejumlah barang konsumer, termasuk mie instan karena dapat menjadi faktor pemicu terjadinya penurunan biaya produksi.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai turunnya harga CPO dapat memicu penurunan ongkos karena salah satu komposisi produk adalah minyak goreng yang merupakan turunan kelapa sawit.

"Kalau harga minyak goreng turun, maka harga jual mie instan tidak perlu naik, dan omset bisa dipertahankan," kata Bhima kepada Bisnis, Minggu (18/9/2022).

Selain mie instan, turunnya harga CPO juga menjadi angin segar bagi industri penghasil kosmetik. Industri tersebut menggunakan turunan CPO oleokimia yang disebut berkontribusi cukup besar dari total biaya produksi.

Turunnya harga CPO, kata Bhima, akan memudahkan perusahaan-perusahaan kosmetik dalam melakukan ekspansi bisnis.

"Selalu ada perbedaan antara keuntungan yang diraih perusahaan CPO ketika harga turun, dan keuntungan perusahaan di hilir yang menggunakan CPO sebagai campuran bahan baku," jelasnya.

Diberitakan Bisnis sebelumnya, CPO SBO Rotterdam ex-mill sepanjang September 2022 terkoreksi 0,6 persen dalam kurun 2 pekan.

Mengacu kepada Council of Palm Oil Production Countries (CPOPC), pada 1 September 2022 harga CPO bertengger di harga US$1.645,73/metrik ton. Sementara pada 13 September 2022 harga turun menuju US$1.635,82/metrik ton. Harga CPO sempat turun jauh pada pekan awal September 2022 ke angka US$1.465,73/MT.

Pada periode yang sama, penurunan juga terjadi pada harga CPO FOB Malaysia dari US$1.039 per MT menjadi US$965 per MT. Sementara untuk CPO FOB Indonesia terpantau turun dari level US$844,23 ke US$830,74/MT.

Secara keseluruhan, harga CPO global terus mengalami penurunan, baik di FOB Indonesia, Malaysia, maupun di Rotterdam ex-mill. Sementara untuk harga tender CPO di PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara atau KPBN dalam 2 minggu terakhir menunjukkan stabil di harga Rp11.078 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga cpo cpo produksi cpo kelapa sawit minyak kelapa sawit
Editor : Reni Lestari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top