Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MIND ID Gencar Berburu Investor, Genjot Hilirisasi Tambang

Mining Industry Indonesia atau MIND ID gencar berburu investor berkaitan dengan upaya percepatan hilirisasi tambang dalam portofolio holding.
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID./mind.id
Kegiatan operasional pertambangan anggota MIND ID./mind.id

Bisnis.com, JAKARTA — BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia atau MIND ID tengah menjajaki peluang untuk menggaet investasi domestik dan internasional berkaitan dengan upaya percepatan hilirisasi tambang dalam portofolio holding.

Kepala Divisi Corporate Strategy MIND ID Syafrizal mengatakan portofolio bisnis yang dimiliki MIND ID saat ini relatif memberikan sinyal positif untuk investor agar tertarik ikut membiayai program hilirisasi mineral dan logam tersebut.

Apalagi, kata dia, seluruh produk tambang MIND ID ke depan ditargetkan dapat masuk dalam rantai nilai pasok kendaraan listrik dan industri hijau lainnya.

“MIND ID memiliki komoditas yang berhubungan dengan green economy, nikel yang diperlukan untuk membangun ekosistem EV, lalu aluminium ini juga support untuk green economy dan kita punya batu bara yang cukup besar untuk energi transisi,” kata Syafrizal dalam acara Webinar Bisnis Indonesia, Rabu (7/9/2022).

Selain itu, dia menambahkan, cadangan sumber daya mineral dan logam yang dimiliki MIND ID juga relatif besar. Situasi itu, menurut dia, menjadi daya tawar yang menarik bagi investor untuk ikut menaruh uang atau teknologi mereka sebagai mitra bisnis yang prospektif di masa mendatang.

“Kita sedang mencari mitra strategis yang mau menanamkan modalnya atau transfer teknologi untuk hilirisasi dari pada komoditas-komoditas yang dimiliki MIND ID,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan peningkatan kinerja keuangan Holding BUMN Tambang atau MIND ID.

Erick Thohir menyampaikan, pada 2022, pihaknya menargetkan pendapatan MIND ID tumbuh menjadi Rp108 triliun dari Rp93,75 triliun pada 2021. Adapun, pada 2021, pendapatan MIND ID meningkat 41 persen dari Rp66,5 triliun pada 2020.

"Kinerja MIND ID, tanpa mengonsolidasikan PT Freeport Indonesia, sudah menunjukkan pertumbuhan pada 2021. Kami berharap pendapatan MIND ID semakin meningkat pada 2022, begitu juga dengan laba bersihnya," paparnya.

Pada 2021, sambung Erick, MIND ID mencatatkan laba konsolidasi Rp14,3 triliun. Per Juni 2022 atau semester I/2022, pembukuan laba MIND ID sudah mencapai Rp12,3 triliun sehingga besar peluang pencapaian pada 2021 dapat terlewati.

"Laba bersih yang bisa kita dapatkan ini bagian dari konsekuensi kami juga agar bisa mendistribusikan lebih kepada negara apakah itu pajak, PNBP dan dividen. Saya meyakini, laba MIND ID pada 2022 bertumbuh," imbuhnya.

Adapun, anggota MIND ID mencakup PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan PT Timah Tbk. (TINS), serta PT Inalum (Persero) sebagai induk usaha. MIND ID juga menguasai 51 persen saham PTFI, tetapi tidak mengonsolidasikannya dalam laporan keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper