Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erick Thohir Minta 5G Mining PTFI Diterapkan ke MIND ID

Erick Thohir menyebut sistem 5G Mining yang sudah berjalan di sejumlah negara terbukti mampu meningkatkan produktivitas tambang.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 01 September 2022  |  11:54 WIB
Erick Thohir Minta 5G Mining PTFI Diterapkan ke MIND ID
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (27/6 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, TEMBAGAPURA - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong penerapan 5G Mining di PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk diterapkan di Holding BUMN atau anggota MIND ID lainnya.

Erick Thohir menyampaikan bahwa tranformasi BUMN akan terus berlanjut ke depannya, termasuk inovasi teknologi dalam pertambangan. Terkini, PTFI bersama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mulai menerapkan 5G Mining.

"Hal ini kami minta untuk menjadi benchmarking di seluruh anggota MIND ID lainnya, tidak hanya operasional tetapi juga digitalisasi agar MIND ID sebagai holding pertambangan ke depannya bisa terus efisien," kata Erick dalam sambutan peluncuran teknologi 5G Mining hasil kerja sama PTFI dan Telkomsel di Tembagapura, Kab. Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022).

Adapun, anggota MIND ID mencakup PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan PT Timah Tbk. (TINS).

Erick menjelaskan, sistem 5G Mining yang sudah berjalan di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, China, Rusia, dan Swedia, terbukti mampu meningkatkan produktivitas.

Setidaknya, penerapan 5G Mining membuat produktivitas naik sampai dengan 25 persen, biaya operasional dan pengeboran turun 40 persen, dan penghematan energi hingga 20 persen.

Penerapan teknologi 5G Mining, yang merupakan bagian dari smart-mining solution PTFI, adalah penerapan pertama teknologi 5G di industri pertambangan Asia Tenggara.

Peluncuran 5G Mining oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Kamis (1/9/2022) turut dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Negara Pramono Anung, serta Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

Jokowi dalam sambutanya menyampaikan pentingnya peran inovasi teknologi untuk memajukan industri pertambangan dalam negeri, serta pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam menciptakan nilai tambah bagi negara.

“Pemerintah Indonesia mengapresiasi PTFI sebagai pioner penerapan 5G untuk sektor pertambangan di Asia Tenggara," ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan PTFI bersama Telkomsel telah menciptakan sebuah ekosistem yang siap menghadapi berbagai tantangan pengembangan tambang di era digitalisasi.

Hal ini juga semakin menegaskan posisi PTFI sebagai salah satu perusahaan tambang berkelas dunia di Indonesia yang telah melakukan transformasi teknologi melalui inovasi 5G Mining dan akan mampu memberikan nilai tambah bagi negara melalui kemajuan industri pertambangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

erick thohir Freeport ptfi teknologi 5G MIND ID
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top