Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan KTT G20, Jasa Marga Rampungkan Penataan Jalan Tol Bali-Mandara

Menyambut delegasi G20, Jalan Tol Bali-Mandara dibenahi, mulai dari penanaman mangrove, pohon hingga pembuatan taman, hingga Pembangkit Listrik Tenaga Surya.
Jalan tol Bali Mandara/Antara/Fikri Yusuf
Jalan tol Bali Mandara/Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui PT Jasamarga Bali Tol (JBT) telah merampungkan penataan Jalan Tol Bali-Mandara yang akan menjadi infrastruktur utama untuk mobilisasi para delegasi dan tamu undangan Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang kegiatan penataan telah selesai seluruhnya pekan ketiga pada Agustus 2022. Sejumlah penataan yang dilakukan antara lain penataan lanskap, green environment dalam program penanaman mangrove, pohon hingga pembuatan taman, green energy dalam pekerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), hingga penambahan budaya lokal Bali pada ornamen Penerangan Jalan Umum (PJU), renovasi gerbang tol dan pemasangan karya seni patung penari Bali.

“Tidak hanya melakukan penataan untuk estetika semata, kami juga berkomitmen melaksanakan program berbasis green environment dan green energy, hal ini selaras dengan isu-isu seputar lingkungan yang dibahas dalam G20,” ujarnya dalam kteerangan resminya, Senin (5/9/2022).

Menurutnya upaya tersebut merupakan komitmen untuk melakukan pengoperasian jalan tol dengan tetap menjaga kearifan lokal dan ramah lingkungan sehingga jalan tol yang merupakan salah satu ikon di Pulau Dewata yang akan menjadi tuan rumah KTT G20 November mendatang.

Adapun, Jasamarga Bali Tol menanam total 756.800 bibit mangrove di Jalan Tol Bali Mandara, tepatnya di Interchange Ngurah Rai dan di Km 3+600. Jumlah ini termasuk penanaman bibit mangrove yang membentuk tulisan G20 sebesar 158x54 meter dengan total 300.000 bibit.

Tidak hanya itu, pihaknya mempercepat pertumbuhan serta kerimbunan tanaman dan bunga dengan berbagai upaya seperti pemangkasan daun dan ranting pada tumbuhan bougenville serta pemupukan dan irigasi rutin tanaman dan bunga.

"Untuk PLTS yang bekerja sama dengan PT Bukit Energi Investama saat ini juga mulai beroperasi untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan sehari-hari seperti PJU, Kantor Operasional hingga Gerbang Tol. Efisiensi energi yang dihasilkan PLTS dengan kapasitas 400 Kwp ini akan membuat Jalan Tol Bali Mandara semakin ramah lingkungan, selaras dengan pengurangan emisi karbon global yang merupakan salah satu fokus dari Presidensi G20 Indonesia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper