Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Bertemu Menteri Inovasi dan Teknologi Hungaria, Bahas Apa?

Menhub Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Inovasi dan Teknologi Hungaria Mr. Laszlo Palkovics pada Selasa (30/8/2022).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Inovasi dan Teknologi Hungaria Mr. Laszlo Palkovics pada Selasa (30/8/2022).

Pertemuan kedua menteri tersebut dilakukan untuk berdiskusi soal pengelolaan fasilitas uji coba kendaraan atau proving ground.

“Proving ground menjadi salah satu keunggulan dari Hungaria. Pengalaman ini yang ingin kami pelajari,” kata Menhub melalui keterangan resmi, Rabu (31/8/2022).

Menhub mengatakan Hungaria telah memiliki fasilitas proving ground bernama ZalaZone yang terletak di Ibu Kota Budapest.

“Usai bertemu dengan Mr. Palkovics, saya sempat berkunjung ke ZalaZone, tempat fasilitas proving ground yang dimiliki Hungaria,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menhub mendorong dilakukannya kerja sama pelatihan, edukasi dan pengembangan SDM di sektor transportasi, termasuk tentang pengelolaan proving ground, dengan perguruan tinggi maupun dengan pihak pemerintah dan swasta Hungaria.

Saat ini Kemenhub tengah menyiapkan pembangunan Proving Ground atau Balai Uji kendaraan bermotor seluas kurang lebih 90 hektare berstandar Internasional (United Nation Regulation/UNR). Pembangunannya dilakukan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Ruang lingkup yang akan dikerjasamakan antara lain yaitu merancang dan membangun fasilitas pengujian dan fasilitas penunjang, pengadaan peralatan pengujian dan fasilitas penunjang, pemeliharaan fasilitas hingga peningkatan kapasitas atau pelatihan.

Dengan memiliki proving ground berstandar internasional dan diakui oleh Asean Mutual Recognition Agreement (MRA). Indonesia tidak perlu melakukan pengujian kendaraan bermotor di luar negeri lagi. Selain itu, manfaat lainnya adalah meningkatkan kualitas kendaraan yang memenuhi aspek keselamatan dan kelestarian lingkungan, serta menyelaraskan persyaratan teknis dan meningkatkan ekspor produk otomotif antar negara Asean yang saling mengakui.

Menhub menyampaikan dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak juga membahas peluang kerja sama berbagai proyek pembangunan transportasi antara Indonesia dan Hungaria.

Setelah Hungaria, selanjutnya Menhub akan bertolak menuju Austria pada Rabu ini (31/8/2022), untuk bertemu dengan pemimpin perusahaan internasional kereta gantung (ropeway/cable car) Doppelmayr Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper