Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tegas, Menhub Minta Tiket Pesawat Turun 15 Persen

Menhub meminta kepada maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawat hingga 15 persen pada jam tertentu.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  22:06 WIB
Tegas, Menhub Minta Tiket Pesawat Turun 15 Persen
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Kemenhub
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan agar harga tiket pesawat bisa turun sebesar 15 persen selama 4 hari ke-depan pada hari-hari di luar akhir pekan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini sejumlah maskapai sudah melakukan promosi tiket pesawat agar harga tiket di luar periode peak bisa lebih murah. Salah satunya yang terdekat sudah dilakukan dengan Bank BNI. Hal ini, sebagai bagian dari upaya mengumpulkan dan berkoordinasi dengan maskapai.

Menhub menyebut Garuda Indonesia dan Lion Air juga sudah mulai melakukan promosi tersebut. Dengan demikian, minat masyarakat meningkat untuk naik pesawat pada hari biasa.

Menhub Budi Karya mengatakan terkereknya okupansi pesawat pada hari biasa bisa ikut menambah pundi-pundi pendapatan maskapai.

"Menurut saya tarif tiket pesawat bisa turun kira-kira 15 persen. Biasanya 3-4 hari ke-depan untuk non prime time. Biasanya Senin sampai Kamis, pada siang hari," ujarnya, Kamis (25/8/2022).

Menhub kembali menegaskan bahwa dengan harga tiket pesawat yang kompetitif tersebut yang dilakukan pada siang hari pada jam tertentu agar kedepannya maskapai bisa mengurangi tarif maksimal pada periode peak.

Mantan Dirut AP II tersebut menyampaikan selain persoalan harga tiket, maskapai pasca pandemi Covid-19 memang belum banyak mengoperasikan jumlah pesawat. Namun, tentunya untuk kembali mengoperasikan pesawat, harus dilakukan secara bertahap dan membutuhkan waktu. Tujuannya, untuk mempertimbangkan keselamatan penerbangan.

Upaya untuk menambah jumlah pesawat juga sudah diungkapkan oleh Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, hingga Garuda Indonesia secara bertahap.

Senada, ketika dikonfirmasi, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengarahkan maskapai pelat merah untuk menjual tiket pesawat pada hari tertentu.

"Senin sampai Kamis itu kan tidak ramai jadi kita akan dorong supaya masyarakat beli di periode itu. Harganya yang lebih rendah dibandingkan Minggu atau hari Sabtu misalnya. Kami akan pasang gitu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket pesawat Kemenhub Budi Karya Sumadi Garuda Indonesia lion air
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top