Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Ini! 7 Apartemen di Jakarta yang Pakai Konsep Green Building

Gedung apartemen dengan konsep ESG di Jakarta masih minim, berikut tujuh di antaranya.
Gedung ramah lingkungan (green bulding)/Istimewa
Gedung ramah lingkungan (green bulding)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Ketersediaan gedung apartemen yang menggunakan konsep ESG (Environtmental, Social and Governance) atau green building di Jakarta masih terbilang minim. Saat ini gedung eksisting dan pasokan baru dengan konsep tersebut masih diketahui ada tujuh gedung secara keseluruhan.

Associate Director Property and Engineering Management KnightFrank Indonesia Toni Peredina menyebutkan tujuh di antaranya meliputi tiga gedung eksisting dan empat gedung baru. Jumlah tersebut masih tergolong minim pasalnya biaya untuk pengelolaan gedung bersertifikat hijau lebih besar dari gedung biasanya. 

"Apartemen berkonsep green building lainnya yang berada di Jakarta saat ini adalah Menteng Regency, The Stature, dan Samara Suites," kata Toni saat dihubungi Bisnis, Selasa (23/8/2022). 

Dari yang disebutkan Toni, Menteng Regency dan The Stature berada di wilayah Jakarta Pusat. Sementara Samara Suites berada di Jakarta Selatan. Dia juga membeberkan empat lainnya yang termasuk gedung baru. 

"[Gedung ESG] apartemen itu belum banyak. Ku pikir ini jadi sesuatu yang harus kita beri kredit kepada developer karena mereka berusaha apartemen yang green juga ada Grand Kamala Lagoon, Golden Park Residence, Green Pramuka City, dan Pejaten Park. Itu gedung baru semua," ujar Toni.

Lebih lanjut, dia menjelaskan lima kriteria gedung yang dapat dibangun dengan konsep ESG dan berstifikat hijau, khususnya terkait kegiatan operasional gedung tersebut.

Pertama yaitu efisiensi tingkat pengunaan air dan pengunaan listrik. Kedua banyaknya ketersediaan ruang terbuka hijau, ketiga yaitu tersedianya konektivitas untuk penghuni dalam pengunaan transportasi publik, sepeda dan kendaraan listrik.

"Keempat, sifat bangunan yang tidak reflective dan menggunakan bahan bangunan lokal yang bersifat ramah lingkungan dengan carbon footprint yang rendah," jelasnya.

Kelima, gedung berkonsep ESG juga biasanya dapat memberikan manfaat lebih ke lingkungan sekitarnya seperti adanya pemanfaatan air untuk di daur ulang kembali dan digunakan untuk kebutuhan seperti pada cooling tower, flush toilet dan juga penyiraman tanaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper