Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Nota Keuangan? Definisi, Jadwal Pelaksanaan, dan Pembahasan

Apa itu nota keuangan yang dibacakan jelang HUT RI ke-77 nanti? Simak definisi, jadwal pelaksanaan, dan pembahasan nota keuangan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  10:10 WIB
Apa Itu Nota Keuangan? Definisi, Jadwal Pelaksanaan, dan Pembahasan
Presiden Joko Widodo (kiri), Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti berfoto usai penyerahan RUU tentang APBN tahun anggaran 2021 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya padapembukaan masa persidangan I DPR tahun 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - MPR RI akan menggelar sidang tahunan, sidang bersama DPR RI dan DPD RI dan sidang paripurna DPR RAPBN TA 2023 pada Selasa (16/8/2022) pukul 09.30 WIB di Gedung MPR/DPR RI. Adapun, dalam sidang paripurna DPR RI RAPBN TA 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membacakan nota keuangan.

Lantas apa itu nota keuangan?

Secara harfiah, nota keuangan merupakan nota yang menjelaskan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN). Mengutip berkas.dpr.go.id, Sabtu (13/8/2022), pada umumnya nota keuangan terdapat dua jenis, yakni nota keuangan untuk RAPBN dan nota keuangan untuk RAPBN-P (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan).

Perbedaan keduanya yaitu pada nota keuangan RAPBN terdapat penjelasan terkait perkembangan realisasi APBN tahun lalu - pada umumnya 5 tahun - dan tahun berjalan, sedangkan pada RAPBN-P tidak ada.

Kapan jadwal pelaksanaan nota keuangan?

Nota keuangan dilaksanakan setiap tahun jelang perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), tepatnya setiap tanggal 16 Agustus. Nota keuangan dilakukan di ruang sidang paripurna gedung DPR/MPR RI dan dihadiri oleh petinggi negara, mulai dari Presiden RI, Wakil Presiden RI, Ketua DPR RI, Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, serta menteri-menteri dan anggota DPR, MPR, dan DPD yang sedang bertugas. 

Perbedaan berikutnya adalah nota keuangan RAPBN disampaikan oleh Presiden, seperti yang akan terjadi pada 16 Agustus mendatang. Sementara nota keuangan RAPBN-P tidak dibacakan langsung oleh Presiden.

Lainnya, yaitu pada nota keuangan RAPBN menjelaskan rencana APBN pada satu tahun yang akan datang, sedangkan pada nota keuangan RAPBN-P menjelaskan rencana usulan perubahan APBN sampai dengan akhir tahun berjalan, berdasarkan realisasi semester I dan perkiraan realisasi semester II.

Apa saja yang dibahas dalam nota keuangan?

Lalu apa saja yang dibahas dalam nota keuangan, baik RAPBN maupun RAPBN-P? Pembahasan keduanya sendiri tetap sama, alias tidak ada perbedaan. Adapun yang dibahas yaitu mengenai asumsi makro, meliputi pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, nilai tukar rupiah, suku bunga SBI, harga minyak, dan lifting.

Lalu, pendapatan negara dan hibah, yang meliputi penerimaan dalam negeri dan hibah. Penerimaan dalam negeri terdiri dari penerimaan perpajakan dan penerimaan negara bukan pajak.

Selanjutnya, belanja negara yang meliputi belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah. Belanja pemerintah pusat meliputi belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, bantuan sosial, belanja subsidi,pembayaran bunga utang, belanja hibah, belanja lain-lain. Sementara, transfer ke daerah meliputi dana perimbangan, serta dana otonomi khusus dan penyesuaian. Dana Perimbangan terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK).

Terakhir, yang akan dibacakan dalam nota keuangan, yaitu pembiayaan anggaran yang terdiri dari pembiayaan utang dan nonutang.

Sebagai informasi, proses penyusunan RAPBN sudah dimulai dari awal tahun (Januari-Juli) dengan adanya pagu indikatif, kemudian disusun rencana kerja kementerian/lembaga, pagu anggaran dan seterusnya. Sementara, penulisan nota keuangan mulai dilakukan pada Juni, namun umumnya didahului dengan pembahasan outline nota keuangan mulai awal tahun juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Nota Keuangan Jokowi sidang paripurna
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top