Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gaungkan Kemajuan UMKM, Sampoerna Hadirkan Pembinaan Berkelanjutan

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (HMSP) akan menggelar webinar UMKM untuk Indonesia mulai hari ini, Rabu (10/8/2022).
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  12:02 WIB
Gaungkan Kemajuan UMKM, Sampoerna Hadirkan Pembinaan Berkelanjutan
Aktivitas di salah satu pabrik PT HM Samporena Tbk tampak dari ketinggian - www.sampoerna.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menyambut Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus mendatang, PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (HMSP) menghadirkan webinar pelatihan UMKM yang akan berlangsung satu bulan dimulai hari ini, Rabu (10/8/2022).

Kepala Urusan Eksternal HM Sampoerna Ishak Danunigrat mengatakan webinar bertajuk "UMKM untuk Indonesia: Usaha Maju dan Makmur Melalui Digitalisasi dan Membangun Produk Lokal" ini digelar untuk meningkatkan daya saing dan kolaborasi antar UMKM.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu dan memotivasi UMKM untuk memajukan usaha yang dijalani saat ini. Bahkan untuk yang belum punya usaha juga diharapkan dapat tertarik untuk memulai usahanya," kata Ishak, Senin (10/8/2022).

Untuk diketahui, sejak 2007 setidaknya ada dua program pengembangan berkelanjutan yang diusung oleh Sampoerna meliputi Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) dan Sampoerna Ritel Community (SRC).

Program SETC telah menjangkau lebih dari 56.000 peserta di seluruh Indonesia. Adapun yang ditawarkan yaitu pelatihan wirausaha di berbagai industri, riset dan pendampingan, jejaring pasar, konsultasi usaha, dan jejaring UMKM.

Sementara SRC yang berdiri sejak tahun 2008 telah memiliki anggota sebanyak 160.000 toko kelontong yang tersebar di seluruh Indoensia.

"Melalui SRTC dan SRC kami sangat menjunjung tinggi kolaborasi yang tercermin dalam busisness matching yang kami lakukan bersama dengan UMKM binaan SRTC dengan toko kelontong anggota SRC," jelasnya.

Lewat program tersebut, Ishak mengajak seluruh pihak mulai dari pelaku usaha dan perusahaan, pakar, dan pemaku kepentingan lain untuk saling bekerja sama memakukan produk lokal lewat pembinaan UMKM.

"Kami berharap bukan hanya Sampoerna yang bisa mendukung kemajuan para UMKM. Kami mengajak perusahan lain untuk ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Tak hanya itu, guna mendukung transformasi digital UMKM yang tengah digalakkan pemerintah, webinar kali ini juga akan memberikan pelatihan optimalisasi ekosistem digital untuk pelaku usaha.

Diketahui per Mei 2022, tercatat sebanyak 19 juta UMKM telah on-boarding digital. Angka ini diproyeksikan terus bertambah hingga mencapai angka 30 juta pada 2024.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki yang memberikan sambutan awal dalam pembukaan webinar hari ini mendorong pelatihan UMKM untuk mengembangkan produk dan bertransformasi digital.

"Saya berharap hal-hal didiskusikan pada webinar ini dapat menghasilkan sebuah sinergi kolaborasi lintas stakeholders untuk memperkuat ketahanan nasional kita dari krisis dan membuat kita lebih siap menghadapi tantangan di era digital ini," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hm sampoerna umkm pelatihan hmsp
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top