Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konflik China vs Taiwan Memanas, Bakal Hambat Kinerja Investasi Indonesia?

Benarkah konflik China vs Taiwan yang memanas bisa hambat kinerja investasi Indonesia? Ini jawaban Bahlil Lahadalia.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  06:32 WIB
Konflik China vs Taiwan Memanas, Bakal Hambat Kinerja Investasi Indonesia?
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadali menyampaikan kata sambutan pada acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto - foc.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Ketegangan geopolitik antara China vs Taiwan dikhawatirkan akan mengganggu aliran investasi ke dalam negeri. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa situasi tersebut perlu diwaspadai.

Pasalnya, China merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia. Termasuk juga Taiwan.

“Konflik China dan Taiwan harus kita waspadai, salah satu negara yang investasinya besar di Indonesia adalah China, Taiwan juga. Seberapa besar [dampaknya], kita lagi mendalami,” katanya dalam konferensi pers, Senin (8/8/2022).

Meskipun terjadi perang antara China vs Taiwan, dia tidak menutup kemungkinan Indonesia akan mendapatkan manfaat ekonomi yang berdampak positif.

Di tengah perang Rusia vs Ukraina yang berlangsung, Indonesia berada pada posisi yang menguntungkan, terutama dengan harga komoditas unggulan yang meningkat di pasar global, sehingga memperkuat kinerja ekspor di dalam negeri.

“Mungkin jika [perang] ini terjadi antara China dan Taiwan, kita masuk ke ruang-ruang itu [mendapatkan manfaat positif], karena komunikasi kita juga baik. Boleh kita khawatir, boleh kita antisipasi, tapi jangan kita takut dengan bayang-bayang luar,” jelasnya.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu menyampaikan bahwa Indonesia tidak akan terkena dampak langsung dari eskalasi China dan Taiwan.

Namun, terdapat risiko rambatan konflik tersebut terhadap perekonomian Indonesia. Potensi dampak rambatan dari konflik tersebut dikhawatirkan berpengaruh pada sisi perdagangan dan aliran investasi ke dalam negeri.

"Sejauh ini memang belum terlihat ada dampak cukup signifikan, tetapi ini bagian yang kami katakan tadi waspadai," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahlil lahadalia China vs Taiwan investasi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top