Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip 10 Negara dengan Cadangan Batu Bara Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Faktanya, lebih dari 90 persen dari total cadangan batu bara dunia terletak hanya di sepuluh negara.
Proses pemuatan batu bara ke tongkang di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian
Proses pemuatan batu bara ke tongkang di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA – Batu bara menjadi bahan bakar fosil yang paling banyak dibutuhkan bagi suatu negara untuk keberlangsungan banyak sektor mulai dari pembangkit listrik hingga pabrik pengolahan.

Faktanya, lebih dari 90 persen dari total cadangan batu bara dunia terletak hanya di sepuluh negara. Merujuk pada data British Petroleum (BP) per 2020, Amerika Serikat berada di puncak daftar yang memegang lebih dari seperlima dari total cadangan, sementara China, yang menempati urutan ketiga, adalah produsen dan konsumen batu bara terbesar.

Daftar 10 negara dengan cadangan batu bara terbesar di dunia:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi pemegang cadangan batu bara terbesar di dunia dengan total sebesar 248.941 juta ton atau sebanyak 23,3 persen dari total cadangan batu bara dunia. Amerika juga tercatat masuk dalam tiga teratas konsumen batu bara terbesar di dunia.

2. Rusia

Rusia menguasai setidaknya 15 persen dari total batu bara dunia atau sebesar 162.166 juta ton.

3. Australia

Australia menempati posisi ketiga pemegang cadangan batu bara terbesar di dunia. Pada 2020, tercatat negara yang identik dengan kanguru tersebut menyimpan 14 persen dari total batu bara dunia atau sebesar 150.227 juta ton.

4. China

Posisi China sebagai pemegang cadangan batu bara berada di bawah Australia atau menjadi negara keempat, dengan total cadangan sebesar 143.197 juta ton. Angka tersebut menyumbang 13,3 persen dari total cadangan dunia. Meski berada di urutan keempat, China menjadi negara nomor satu dengan konsumsi batu bara terbesar.

5. India

Negara dengan populasi kedua terbesar ini turut memiliki cadangan batu bara yang cukup besar, yakni 111.052 juta ton atau 10,3 persen dari total cadangan dunia. India menempati urutan kedua untuk konsumsi batu bara terbesar.

6. Jerman

Jerman memegang 3,3 persen dari total keseluruhan baut bara dunia. Dengan 35.900 juta ton batu bara, Jerman menempati posisi keenam yang memegang cadangan batu bara dunia.

7. Indonesia

Tak kalah, Indonesia juga termasuk dalam 10 besar negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia. Menempati posisi ketujuh, Indonesia memegang 3,2 persen cadangan batu bara dengan volume 34.869 juta ton.

8. Ukraina

Beda tipis dengan Indonesia, Ukraina juga memegang 3,2 cadangan batu bara dengan total volume pada 2020 sebesar 34.275 juta ton.

9. Polandia

Selanjutnya, Polandia menjadi negara ke-9 pemegang cadangan batu bara dunia. Total volume batu bara yang berada di Polandia sebesar 28.395 juta ton atau 2,6 persen.

10. Kazakhstan

Dengan total volume 25.605 juta ton, Kazakhstan menjadi negara ke-10 pemegang cadangan batu bara terbesar di dunia atau menyumbang 2,4 persen dari total cadangan.

Artinya, secara total keseluruhan, sebanyak 90,6 persen cadangan batu bara dikuasai oleh sepuluh negara tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper