Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha Minta Kebijakan Suku Bunga Murah Dilanjutkan

Saat ini suku bunga yang rendah masih dibutuhkan dunia usaha dalam mendorong aktivitas perekonomian.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  18:18 WIB
Pengusaha Minta Kebijakan Suku Bunga Murah Dilanjutkan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan pemaparan dalam webinar Mid Year Economic Outlook 2022: Prospek Pemulihan Ekonomi Indonesia di Tengah Perubahanan Geopolitik Pascapandemi di Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis - Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Kalangan pengusaha berhadap agar Bank Indonesia (BI) tetap mempertahankan suku bunga yang rendah, meskipun Lonjakan inflasi yang tinggi di tingkat global mendorong sejumlah bank sentral dunia melakukan pengetatan kebijakan moneter.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Fiskal dan publik Suryadi Sasmita menyampaikan bahwa saat ini suku bunga yang rendah masih dibutuhkan dunia usaha dalam mendorong aktivitas perekonomian.

Dia pun mengharapkan agar industri perbankan untuk tidak menaikkan suku bunga pinjaman saat ini. Pasalnya, tingkat suku yang lebih tinggi akan menghambat, terutama pelaku usaha menengah, untuk melakukan ekspansi bisnis.

BI pada Juli 2022 kembali mempertahankan suku bunga acuan pada level 3,5 persen. Kebijakan tersebut mempertimbangkan tingkat inflasi domestik yang masih terkendali.

“Perbankan juga kalau bisa jangan dinaikkan dulu suku bunga, kalau masih bisa dipertahankan,” katanya dalam Webinar Bisnis Indonesia Mid-Year Economic Outlook 2022, Rabu (3/8/2022).

Suryadi menyampaikan bahwa tingkat inflasi di dalam negeri saat ini masih berada pada level yang terjaga dan belum mengkhawatirkan.

Berbeda dengan sejumlah negara lain, di mana tingkat inflasinya sudah lebih tinggi dibandingkan tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi di Indonesia masih berada di bawah tingkat pertumbuhan ekonomi.

Pada Juli 2022, tercatat tingkat inflasi Indonesia mencapai level 0,64 persen secara bulanan atau 4,94 persen secara tahunan.

“Kita apresiasi sekali pemerintah, terutama Bank Indonesia yang dapat mengontrol, dimana suku bunga acuan masih bisa dipertahankan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suku Bunga suku bunga acuan Bank Indonesia pengusaha kadin
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top