Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Perintah Jokowi ke PUPR soal Penanganan Banjir Parigi Moutong

Presiden Jokowi memerintahkan Kementerian PUPR untuk melakukan perbaikan dari hulu ke hilir di wilayah terdampak banjir bandang Parigi Moutong.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  13:51 WIB
Ini Perintah Jokowi ke PUPR soal Penanganan Banjir Parigi Moutong
Dampak banjir bandang di Sulteng akhir Juli 2022. - BNPB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menangani bencana banjir bandang yang menerjang Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutung di Sulawesi Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan penanganan banjir bandang di Parigi Moutung merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penanganan dilakukan dengan mengambil langkah-langkah pemulihan.

"Saya kemarin saat Sidang Kabinet ditugaskan langsung oleh Presiden Jokowi untuk meninjau banjir bandang di Parigi Moutong. Ada beberapa hal yang akan ditangani Kementerian PUPR secara teknis untuk mencegah tidak terjadi banjir bandang lagi di sini," kata Basuki dalam keterangan resmi, Rabu (3/8/2022).

Basuki mengatakan penanganan banjir bandang di Parigi Moutong akan dilakukan dari hulu hingga ke hilir Sungai Torue. Dia menuturkan, Kementerian PUPR telah melakukan penanganan Bendung Torue, termasuk membersihkan sedimen, agar dapat kembali mengairi sawah.

Selanjutnya, untuk perbaikan tanggul sungai yang jebol akan ditangani menggunakan material berupa geobag atau geobox dengan target penyelesaian pekerjaan paling lambat dua pekan ke depan.

"Mudah-mudahan pengerukan dan perbaikan bendung bisa selesai dalam tiga hari ke depan. Air harus masuk ke sawah agar tidak puso. Kami akan tambahkan 4 alat berat, mudah-mudahan paling lambat besok pagi sudah masuk. Harapannya dengan 5 alat, fungsi irigasi pulih kembali untuk mengairi sawah," ujarnya.

Basuki menambahkan, untuk penanganan di bagian hilir, kementeriannya akan menangani tanggul pantai dengan panjang sekitar 500 meter dengan tujuan mencegah terjadinya abrasi.

"Untuk rumah-rumah yang terkena dampak banjir bandang akan ditangani oleh Pak Gubernur. Jadi ini kolaborasi yang baik antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi untuk menangani banjir ini secepat-cepatnya sesuai perintah Presiden," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir banjir bandang Kementerian PUPR Jokowi Parigi Moutong
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top