Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Masuk 10 Negara dengan Subsidi BBM Terbesar, Ini Daftarnya

Berikut daftar 10 negara yang memberikan subsidi BBM terbanyak menurut IEA per 2020.
Ilustrasi spbu./Bisnis
Ilustrasi spbu./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Pemberian subsidi dari produk turunan minyak bumi berupa bahan bakar minyak (BBM) bukan hanya diberikan di Indonesia, juga terjadi di berbagai negara di dunia.

Mengacu pada data International Energy Agency (IEA) per 2020, Indonesia hanya menjadi negara keempat terbesar yang memberikan subsidi BBM bagi warganya. Secara keseluruhan, IEA mencatat pada 2020 total subsidi BBM yang dikeluarkan negara anggota IEA sebesar US$90 miliar.

Berikut daftar 10 negara yang memberikan subsidi BBM terbanyak menurut IEA per 2020:

1. China

China yang menjadi negara dengan populasi terbanyak di dunia dengan lebih dari satu miliar jiwa turut menjadi negara dengan pemberian subsidi terbesar, yakni US$21,7 miliar atau setara dengan Rp303,8 triliun (kurs Rp14.000).

2. India

India menjadi negara kedua setelah China yang memberikan subsidi terbesar. Pada 2020, India memberikan US$17 miliar atau setara Rp238 triliun.

3. Arab Saudi

Arab Saudi menempati urutan ketiga yang memberikan subsidi BBM terbesar di dunia. Tercatat dalam IEA per 2020, Saudi Arabia memberikan US$8,5 miliar, setara Rp119 triliun, kepada warganya untuk dapat memberili BBM.

4. Indonesia

Masyarakat Indonesia kerap menikmati BBM bersubsidi yang disediakan pemerintah. Per 2020, IEA mencatat Indonesia menggelontorkan US$6,9 miliar atau setara dengan Rp96,6 triliun untuk memberikan kemudahan warganya membeli BBM.

5. Algeria

Pada urutan kelima ditempati oleh Algeria dengan total subsidi yang diberikan sebanyak US$5,8 miliar yang setara dengan 81,2 triliun.

6. Mesir

Setelah Algeria, Mesir menjadi negara keenam dengan total subsidi BBM sebesar US$5,3 miliar atau Rp74,2 triliun.

7. Iran

Pada 2020 Iran memberikan subsidi terhadap BBM sebesar US$5 miliar atau Rp70 triliun sepanjang tahun kepada warganya.

8. Venezuela

Negara yang terletak di ujung Amerika Selatan tersebut menempati urutan ke-8 dengan total pemberian subsidi sebesar US$4,32 miliar atau Rp60,48 triliun.

9. Iraq

Iraq telah memberikan subsidi BBM kepada warganya sebesar US$2,9 miliar atau setara dengan Rp40,6 triliun sepanjang 2020 lalu.

10. Libya

Terakhir, negara yang masuk dalam 10 besar dengan pemberian subsidi terbesar adalah Libya dengan total US$2,6 miliar, hampir mendekati Iraq, atau setara dengan Rp36,4 triliun.

Sementara itu, IEA juga mencatat terdapat beberapa negara yang tidak memberikan subsidi BBM seperti Korea, Rusia, Afrika Selatan, dan Ukraina, sedangkan Vietnam menjadi negara dengan pemberian subsidi BBM terkecil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper