Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suku Cadang Buatan Indonesia Raih Transaksi US$4,07 Juta di Pameran Bergengsi Meksiko

Produk suku cadang RI bukukan potensi transaksi hingga US$4,07 juta dalam pameran bergengsi Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022.
Produksi suku cadang PT Astra Otoparts (AUTO) /astra.co.id
Produksi suku cadang PT Astra Otoparts (AUTO) /astra.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Produk suku cadang otomotif Indonesia meraup potensi transaksi hingga US$4,07 juta dalam pameran bergengsi Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022 di Mexico City pada 13-15 Juli 2022.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Meksiko Cheppy T. Wartono menilai pameran ini dapat mengenalkan produk suku cadang Indonesia ke pasar Meksiko.

"Produk Indonesia memiliki kualitas yang dapat diandalkan dan harga yang kompetitif sehingga dapat bersaing dengan produk dari negara lain," kata ujar Cheppy lewat keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Dia berharap produk suku cadang Indonesia dapat menembus pasar otomotif Meksiko dan Amerika Latin yang persaingannya sangat ketat. Perdagangan produk suku cadang di Meksiko merupakan salah satu yang terbesar di dunia, mencapai US$40 miliar.

Menurutnya, nilai tersebut merupakan kue besar yang harus dinikmati produsen suku cadang kendaraan dari Indonesia. Cheppy menyebutkan jika Indonesia bisa menikmati 5-10 persen kue tersebut, perdagangan Indonesia-Meksiko akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Tantangannya adalah para importir suku cadang di Meksiko belum mengetahui dan belum mengenal produk suku cadang kendaraan bermotor dari Indonesia. Hal itu terbukti ketika Indonesia menawarkan ke salah satu produsen motor terbesar di Meksiko, Italika, melalui pertemuan virtual, hanya dipilih dua perusahaan.

"Ketika ada perusahaan lain dari Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran dan kami ajak ke Italika, ternyata produk-produk yang lain juga diminati. Hal itu membuktikan, produk Indonesia belum banyak dikenal. Ada pepatah, tak kenal, maka tak sayang," kata Cheppy.

Oleh karena itu, dia menegaskan Kedutaan Besar RI dan ITPC Mexico City berusaha mendorong perusahaan di Indonesia lebih berani masuk ke pasar Meksiko serta Amerika Tengah dan Selatan lebih agresif lagi.

Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022 yang diselenggarakan Messe Frankfurt GmbH merupakan pameran sektor otomotif terbesar di wilayah Amerika Selatan.

Pameran ini telah dikunjungi oleh lebih dari 30.000 pengunjung serta diikuti 30 negara. Sejumlah perusahaan Indonesia berpartisipasi dalam paviliun Indonesia melalui fasilitasi ITPC Mexico City dalam pameran INA PAACE Automechanika Mexico 2022. Di antara peserta pameran, ada nama-nama besar seperti PT Aneka Komkar Utama (AKKU), Astra Otoparts dan Garuda Metalindo serta Indoprima Gemilang.

PT Aneka Komkar Utama (AKKU) mempromosikan produk karet dan antivibrasi baik untuk pasar OEM (Original Equipment Manufacture) maupun after sales market. Sementara itu, PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) yang mempromosikan produk ban untuk motor, mobil, kendaraan komersial serta baterai untuk kendaraan dan suku cadang lainnya.

Garuda Metalindo yang mempromosikan produk pengencang (mur dan baut) untuk industri otomotif maupun industri lainnya. Kemudian, PT Indoprima Gemilang yang mempromosikan produk friksi (brake pad, brake shoe, dan brake linning), gasket, maupun spring untuk industri otomotif.

Selain itu, ITPC Mexico City juga menggandeng Sakura Filter Mexico selaku distributor produk filter udara merek Sakura dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper