Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garmen dan Suku Cadang Otomotif Dominasi Kargo Bandara AP II

AP II menuturkan jenis barang yang mendominasi angkutan kargo di bandara yang dikelola.
Petugas melakukan bongkar muat barang di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Petugas melakukan bongkar muat barang di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (25/2/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II juga mencatat pertumbuhan angkutan kargo pada periode angkutan lebaran 2022 di luar peningkatan angkutan penumpang.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin memaaprkan volume angkutan kargo pada periode angkutan lebaran selama 22 hari (22 April - 13 Mei 2022) di bandara AP II secara kumulatif tercatat mencapai sekitar 41.500 ton. Jumlah itu terdiri atas angkutan kargo domestik sebanyak 23.856 ton dan angkutan kargo ekspor-impor sebanyak 17.644 ton.

“Volume angkutan kargo domestik saat angkutan lebaran 2022 pada 22 April - 13 Mei 2022 naik sekitar 11 persen dibandingkan dengan periode angkutan lebaran 2019 pada 26 Mei - 16 Juni 2019 saat belum ada pandemi,” jelasnya melalui keterangan resmi, Selasa (17/5/2022).

Awaluddin membeberkan pada periode angleb tahun ini terdapat sejumlah produk yang mendominasi volume angkutan kargo di bandara-bandara AP II.

General cargo yang merupakan jenis barang-barang kiriman yang tidak perlu penanganan khusus tapi tetap harus memenuhi persyaratan keamanan dan keselamatan penerbangan mendominasi hingga sebesar 97 persen dari total tonase angkutan kargo di bandara AP II pada angleb 2022.

Dari total angkutan general cargo itu, porsi paling besar yakni sebesar 70 persen adalah angkutan kargo yang merupakan pengiriman barang-barang dari e-commerce," ungkap Muhammad Awaluddin.
Produk-produk yang termasuk general cargo di bandara AP II selama angleb 2022 yang paling banyak adalah produk garmen dan suku cadang otomotif.

“Melihat fakta yang ada, analisa kami adalah produk garmen yang dibeli di e-commerce sangat mendominasi angkutan kargo di bandara AP II selama periode angkutan lebaran tahun ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin mengatakan produk suku cadang otomotif juga mendominasi angkutan kargo, di mana ini bisa diartikan bahwa permintaan suku cadang cukup tinggi sejalan dengan kegiatan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

“Angkutan kargo dengan pesawat merupakan transportasi pengiriman yang paling cepat untuk menempuh jarak jauh, sehingga sangat tepat diandalkan di saat tingginya kegiatan dan permintaan saat libur lebaran ini,” ujar Muhammad Awaluddin.

Adapun di samping general cargo yang mendominasi 97 persen pasar di bandara AP II, terdapat juga special cargo dengan pasar sebesar 3 persen dari total angkutan kargo.

Special cargo dimaksud adalah produk yang membutuhkan penanganan khusus seperti misalnya makanan, binatang dan lain sebagainya.

Angkutan kargo di bandara AP II menjadi sektor yang paling tahan banting di tengah pandemi Covid-19. Bahkan pada awal-awal pandemi, sejumlah maskapai mengoperasikan pesawat penumpang untuk khusus mengangkut kargo di bandara AP II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper