Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 7 Stasiun LRT Jabodebek yang Terhubung dengan KRL dan Transjakarta

Terdapat 7 dari 18 stasiun Light Rail Transit (LRT) yang akan terhubung dengan stasiun dan Busway, simak daftarnya.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  01:04 WIB
Ini 7 Stasiun LRT Jabodebek yang Terhubung dengan KRL dan Transjakarta
Foto aerial proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, di kawasan Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (2/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Terdapat 7 dari 18 stasiun Light Rail Transit (LRT) yang akan terhubung dengan stasiun KRL dan Transjakarta, simak daftarnya.

Aksesibilitas masyarakat menuju stasiun moda Light Rail Transit (LRT) Jabodebek menjadi salah satu aspek kesiapan proyek transportasi massal tersebut. Untuk itu, kesempatan terbuka bagi pengembang dalam membangun konektivitas antara sejumlah wilayah komersial dengan stasiun LRT Jabodebek.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Urban Transport/LRT Jabodebek Ferdian Suryo Adhi mengungkap terdapat tujuh dari 18 stasiun LRT yang berpotensi untuk dihubungkan dengan sejumlah wilayah komersial seperti mal dan apartemen.

Beberapa stasiun juga sudah memiliki konektivitas dengan angkutan bus yang sudah ada, misalnya Stasiun KRL, Halte Transjakarta, atau feeder JakLingko.  

"Kami juga membuka peluang untuk menyesuaikan desain akses dengan rencana pengembang yang berminat untuk membangun atau mengembangkan wilayah mereka tersambung langsung dengan area stasiun," kata Ferdian kepada Bisnis, Rabu (20/7/2022).

Selain itu, Ferdian menyebut aksesibilitas di dalam setiap stasiun LRT Jabodebek sudah disediakan dalam bentuk fasilitas minimum seperti akses seperti tangga, eskalator dan lift.

Ini 7 stasiun yang terhubung dengan wilayah komersial dan moda transportasi lainnya yaitu:

  1. Stasiun Bekasi Timur/Jatimulya: menyambungkan plaza dengan akses LRT City yang disiapkan oleh Adhi Karya Commuter Property.
  2. Stasiun Bekasi Barat: Jembatan penyeberangan Revo Town Mall untuk mengakomodasi penumpang dari area Bekasi Selatan. Selain itu, mengembangkan area plaza stasiun langsung tersambung dengan rencana pembangunan Anwa Residence dan Apartemen Mutiara.
  3. Stasiun Cikunir I: menyambungkan area concourse dengan rencana lobby apartemen yang dibangun oleh Urban Jakarta Propertindo (UJP) dengan kompensasi pembangunan laybay dan kiss and ride oleh UJP.
  4. Stasiun TMII: penyambungan akses dengan rencana pembangunan mall dan pengembangan wilayah TOD Jasa Marga Related Business.
  5. Stasiun Harjamukti: penyambungan area plaza stasiun dengan akses jalan di LRT City.
  6. Stasiun Cawang sampai dengan Stasiun Dukuh Atas: seluruh halte Transjakarta maupun bus/angkutan feeder JakLingko berada langsung di bawah stasiun LRT atau di dekat stasiun LRT Jabodebek.
  7. Stasiun Dukuh Atas: terdapat bangunan Jembatan Penyeberangan Multi Guna yang dibangun MITJ utk menyambungkan stasiun LRT Jabodebek dengan stasiun KRL Sudirman.

Ferdian mengungkap bahwa tantangan penyediaan integrasi intermoda dari sisi infrastruktur relatif tidak besar. Namun, penyediaan integrasi tetap memerlukan dukungan konsolidasi rute misalnya perubahan rute angkutan umum, penyediaan angkutan umum perintis di area yang belum ada angkutan umumnya, serta penyediaan Park & Ride di dekat stasiun yang memiliki potensi penumpang paling besar.

Untuk diketahui, Studi Potensi Jaringan Angkutan Umum dan Integrasi Moda Kawasan di Sekitar Koridor LRT Jabodebek (2020) oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) menemukan bahwa terdapat 310 kawasan permukiman dan komersial di sekitar Stasiun LRT Jabodebek, dengan radius kurang dari 5 km.

Terdapat total 18 stasiun yang akan melayani jalur LRT Jabodebek sepanjang 44,43 kilometer (km). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LRT krl transjakarta
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top