Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RDG Bank Indonesia Hari Ini Putuskan Suku Bunga Acuan BI7DRR, Ini Harapan Dunia Usaha

Suku Bunga Acuan BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) saat ini ditetapkan pada level 3,5 persen.
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) siang ini, Kamis (21/7/2022).

Wakil Ketua III Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Shinta Widjaja Kamdani menyampaikan bahwa dunia usaha mengharapkan suku bunga acuan tetap dipertahankan pada tingkat yang rendah.

Pasalnya, dunia usaha saat ini masih membutuhkan suku bunga yang terjangkau untuk mendorong pertumbuhan produktivitas dan kegiatan ekonomi, sejalan dengan target pertumbuhan ekonomi pemerintah.

“Namun, pada saat yang sama kami juga memahami bahwa pemerintah dan BI juga kesulitan membendung tekanan ekonomi global terhadap pelemahan rupiah, inflasi, dan juga suku bunga pinjaman riil,” katanya kepada Bisnis, Rabu (20/7/2022).

Oleh karena itu, kata Shinta, jikapun terjadi penyesuaian suku bunga acuan, diharapkan kenaikan suku bunga dapat ditahan seminimal mungkin.

Lebih lanjut, kata dia, pemerintah juga diharapkan melakukan bentuk intervensi lain di pasar finansial, khususnya pada sektor perbankan, agar suku bunga pinjaman riil untuk pelaku usaha tidak meningkat atau peningkatan suku bunga pinjaman riil tidak lebih besar dari kenaikan suku bunga acuan.

“Dengan demikian, pelaku usaha masih cukup confident dan terdorong untuk melakukan ekspansi meski suku bunga meningkat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper